Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Singkong yang Benar agar Produktivitasnya Melimpah

Kompas.com - 20/08/2022, 14:39 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Singkong atau ubi kayu merupakan salah satu tanaman pangan yang banyak dijumpai di Indonesia. Cara menanam singkong yang benar menjadi kunci kesuksesan budi daya tanaman palawija ini.

Singkong biasanya dibudidayakan di lahan tegalan atau lahan yang tidak tergenang air. Menurut keterangan di Cybex Kementerian Pertanian, berikut tata cara menanam singkong yang benar supaya tanaman tumbuh subur.

Baca juga: Simak, Cara Menanam Singkong agar Berbuah Banyak

1. Menyiapkan area budidaya

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum menanam singkong yaitu mengolah lahan. Tujuannya untuk mendapatkan lahan yang gembur, remah, dan sesuai dengan syarat tumbuh tanaman.

Selain digemburkan, lahan juga perlu dibuat bedengan sebagai tempat menanam. Setelah itu, tambahkan pupuk organik sebagai pupuk dasar dan lakukan pengapuran jika pH tanah terlalu asam.

Tanaman singkongPixabay/Amytril Tanaman singkong

2. Siapkan bibit tanaman

Bibit yang dipilih sebaiknya berasal dari varietas unggul. Tak hanya itu, bibit juga harus diambil dari tanaman tua dengan pertumbuhan normal dan sehat.

Bibit yang sudah dipilih kemudian disiram dengan pupuk hayati selama 3-4 jam. Hal ini bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan akar.

Baca juga: Simak, Ini Cara Stek Tanaman Singkong

3. Mulai menanam

Setelah mendapatkan bibit terbaik, maka langkah berikutnya yaitu menanam bibit tersebut ke area budi daya yang sudah disiapkan sebelumnya.

Cara menanam singkong yang benar diawali dengan meruncingkan batang bagian bawah. Kemudian tanam pada bedengan dengan kedalaman 5-10 cm.

Tancapkan sampai bibit berdiri dengan kokoh. Beberapa hari kemudian, bibit akan muncul daun kecil yang menjadi petanda bahwa pertumbuhan sedang dimulai. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com