Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Kencur yang Benar agar Hasilnya Melimpah

Kompas.com - 10/09/2022, 15:55 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman kencur sudah lama di kenal oleh masyarakat Indonesia sebagai tanaman obat. Tak hanya itu, kencur juga sering dijadikan bumbu pada masakan.

Cara menanam kencur terbilang cukup mudah. Kencur dapat tumbuh di berbagai kondisi lahan, bahkan di bawah tegakan pohon. Hal ini dapat memaksimalkan potensi lahan yang ada.

Lahan yang cocok untuk menanam kencur yaitu lahan yang tanahnya berwarna hitam dan sedikit berpasir dengan keasaman tanah 6-7. Musim yang paling baik untuk menanam kencur yaitu musim penghujan.

Baca juga: Cara Menanam Kencur di Polybag, Bisa Dilakukan di Halaman Rumah

Pasalnya, ketersediaan air dapat membuat umbi melimpah. Menurut keterangan di Cybext Kementerian Pertanian, berikut cara menanam kencur yang baik dan benar.

Warga menggarap ladang untuk menanam kencur di Desa Ridogalih, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (16/8/2015). Warga mengaku gagal panen padi akibat sungai untuk irigasi mengalami kekeringan sejak tiga bulan lalu. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKRISTIANTO PURNOMO Warga menggarap ladang untuk menanam kencur di Desa Ridogalih, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (16/8/2015). Warga mengaku gagal panen padi akibat sungai untuk irigasi mengalami kekeringan sejak tiga bulan lalu. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

Proses pembenihan

Langkah awal sebelum menanam kencur yaitu memilih bibit kencur yang baik. Bibit kencur yang baik berasal dari rimpang yang sudah tua dan masih terlihat segar.

Benih disimpan pada tempat yang sedikit gelap dan kering. Simpan rimpang tersebut dalam waktu 1-2 minggu sebelum tanam.

Pertumbuhan rimpang membutuhkan kelembapan dan air yang cukup, sehingga kencur sangat cocok di tanam pada awal musim hujan.

Baca juga: Cara Membuat Fungisida Alami dari Jahe, Kunyit, Lengkuas, dan Kencur

Pengolahan lahan

Lahan yang akan ditanami bibit kencur harus diolah terlebih dahulu. Penggemburan lahan bertujuan agar bibit dapat tumbuh dengan baik pada awal tanam.

Lahan dapat diolah menggunakan cangkul maupun traktor. Lahan diolah sedalam 5-10 cm.

Kemudian, buat bedengan setinggi 30 - 50 cm, untuk menghindari genangan air. Setelah itu, beri pupuk dasar diberikan setelah olah tanah dilakukan menggunakan pupuk kandang 6-10 ton/ha.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com