Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Ciri-ciri Batang Padi yang Terserang Hama dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 07/11/2022, 14:48 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Batang merupakan organ tanaman yang berperan sebagai penopang tanaman agar tumbuh tegak. Selain itu, batang juga menjadi organ pengantar nutrisi dari akar ke bagian tanaman lainnya.

Peran penting tersebut membuat kondisi batang tanaman harus dijaga dengan baik. Sayangnya, pada tanaman budidaya seringkali dijumpai batang tanaman yang rusak akibat serangan hama maupun penyakit.

Kondisi tersebut sering dijumpai pada batang padi. Seringkali kita menjumpai batang tanaman padi yang rusak bahkan patah akibat serangan hama.

Baca juga: Ciri-ciri Padi Terserang Hama Penggerek Batang dan Cara Mengatasinya

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas seputar ciri-ciri batang padi yang terserang hama dan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Ilustrasi hama penggerek batang padi kuning (Scirpophaga incertulas). SHUTTERSTOCK/MR. MIXERS STOCK Ilustrasi hama penggerek batang padi kuning (Scirpophaga incertulas).

Hama penggerek batang padi

Hama yang menyebabkan batang tanaman padi rusak dikenal dengan nama hama penggerek batang. Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Senin (7/11/2022), hama ini bisa merusak batang padi sejak persemaian sampai menjelang panen.

Kerugian akibat serangan hama ini selama fase vegetatif sebenarnya tidak terlalu besar. Hal tersebut dikarenakan tanaman padi pada fase tersebut tumbuh dengan membentuk anakan baru. Sementara itu, serangan saat fase generatif menyebabkan kerugian besar hingga gagal panen.

Baca juga: 4 Jenis Hama Tanaman Padi yang Bisa Menyebabkan Gagal Panen

Ciri-ciri batang padi terserang hama

Pada fase vegetatif, ciri ciri padi yang terserang hama yaitu bagian tengah anakan terpotong. Kondisi tersebut menyebabkan pucuk layu, mudah dicabut, kering, dan menyebabkan tanaman mati.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com