Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Cara Menanam Apel Hijau agar Buahnya Banyak

Kompas.com - 28/01/2023, 10:23 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Buah apel hijau merupakan salah satu buah yang populer dan banyak digemari. Buah yang memiliki nama latin Malus Sylvestrys ini, memiliki tekstur daging buah yang renyah serta rasanya yang manis dan segar.

Kandungan yang terdapat pada buah apel juga bermanfaat bagi tubuh, seperti vitamin B dan C. Buah ini berasal dari wilayah sub tropis.

Suhu udara yang rendah pada musim dingin dan penyinaran yang panjang pada musim panas, sangat dibutuhkan untuk perkembangan buah apel hijau. Meskipun bukan berasal dari Indonesia, buah apel tetap dapat dibudidayakan di Indonesia.

Baca juga: Simak, Ini Cara Menanam Apel agar Berbuah Banyak

Penanaman apel hijau di Indonesia perlu memperhatikan lokasi lahan dan kondisi lingkungan yang sesuai. Melansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Sabtu (28/1/2023), berikut cara menanam apel hijau di Indonesia.

Persiapkan kondisi lahan yang sesuai

Di daerah asalnya, buah apel hijau tumbuh pada suhu yang dingin. Oleh karena itu, lokasi lahan yang cocok untuk menanam buah apel hijau di Indonesia yaitu pada dataran tinggi.

Budidaya apel hijauPixabay/congerdesign Budidaya apel hijau

Selain ketinggian tempat, tanah yang gembur dan memiliki kandungan bahan organik yang banyak, sangat disukai oleh pohon apel.

Pemilihan bibit unggul

Salah satu faktor utama keberhasilan dalam melakukan budidaya buah apel hijau yaitu penggunaan bibit berkualitas. Hal ini karena bibit akan mempengaruhi pertumbuhan, perkembangan, ketahanan cuaca, ketahanan hama penyakit dan buah apel hijau yang dihasilkan.

Baca juga: Cara Menanam Buah Pir di Kebun agar Berbuah Banyak

Oleh sebab itu, pastikan Anda memilih bibit buah apel yang unggul dan terjamin kualitasnya. Ciri-ciri bibit apel hijau yang unggul seperti berasal dari induk yang produktif, tahan terhadap serangan hama penyakit, bentuknya normal, dan memiliki sertifikasi keaslian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com