Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syarat Tumbuh Black Sapote, Buah yang Rasanya seperti Puding Coklat

Kompas.com - 24/01/2023, 12:17 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkan Anda mencicipi buah yang rasanya seperti puding coklat? Ternyata, ada buah yang memiliki rasa seperti puding coklat. Buah tersebut bernama black sapote yang dikenal juga sebagai sawo hitam atau kesemek hitam.

Buah ini ditemukan pertama kali di daerah Mexico, Kolombia, dan Amerika Tengah. Meskipun demikian, buah ini diketahui bisa tumbuh di Indonesia asalkan syarat tumbuhnya terpenuhi.

Lalu, apa syarat tumbuh buah black sapote? Dilansir dari Balai Besar dan Pengembangan Teknologi Pertanian, Selasa (24/1/2023), berikut penjelasan lengkapnya.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Menanam Buah Sawo yang Benar

Ketinggian lahan

Buah bercita rasa unik ini diketahui bisa tumbuh dengan baik di dataran rendah hingga tinggi dengan ketinggian sekitar 200 sampai 1800 meter di atas permukaan laut. Buah ini juga bisa tumbuh di lahan terbuka maupun pot.

Buah black sapoteShutterstock/SewCream Buah black sapote

Kondisi tanah

Buah black sapote akan tumbuh dengan baik pada lahan yang kelembapannya cukup dan kandungan airnya banyak. Akan tetapi, drainase tanah juga harus baik agar tidak tergenang.

Selain itu, tanah juga harus mengandung mineral dan unsur hara yang melimpah. pH tanah juga harus optimal di angka 5,6 hingga 6,5. Apabila tanah terlalu masam, maka perlu aplikasi kapur dolomit.

Baca juga: Budidaya Manggis yang Benar agar Berbuah Banyak

Penyinaran matahari

Syarat tumbuh buah black sapote lainnya yaitu penyinaran matahari harus optimal. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari sepanjang waktu. Tanaman black sapote ini juga perlu dilindungi dari angin dan udara dingin.

Itulah sejumlah syarat tumbuh buah black sapote. Sebagai salah satu buah langka, buah ini memiliki prospek yang menjanjikan untuk dibudidayakan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com