Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Bunga yang Bisa Mengusir Hama di Sawah

Kompas.com - 22/02/2023, 18:50 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran hama di sawah bisa membuat pertumbuhan dan produktivitas tanaman padi terganggu. Maka dari itu, petani perlu mengendalikan hama tanaman padi dengan tepat dan cepat.

Salah satu tindakan pencegahan serangan hama yang dapat dilakukan yaitu dengan menanam bunga refugia. Tanaman bunga ini bisa menghalau hama yang hendak menyerang tanaman padi.

Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Rabu (22/2/2023), berikut beberapa jenis bunga yang bisa mengusir hama di sawah.

Baca juga: 4 Bunga Ini Bisa Mengusir Hama Tanaman Padi, Apa Saja?

Bunga kertas

Tanaman pengusir hama padi yang pertama yaitu bunga kertas. Tanaman ini memiliki bunga berwarna cerah sehingga bisa menarik kumbang. Kumbang inilah yang bisa membantu membasmi hama tanaman padi, seperti kutu daun dan ulat.

Ilustrasi tanaman kenikir, bunga kenikir.WIKIMEDIA COMMONS/LUIS MIGUEL BUGALLO SANCHEZ Ilustrasi tanaman kenikir, bunga kenikir.

Bunga kenikir

Bunga kenikir juga ternyata menjadi salah satu bunga yang bisa mengusir hama padi. Tanaman kenikir diketahui bisa menarik predator karena warna bunganya yang cerah.

Selain itu, bunga kenikir juga memiliki aroma khas yang bisa menghalau hama. Tanaman kenikir juga bisa diolah menjadi pestisida nabati yang bisa mengendalikan hama tanaman.

Baca juga: Cara Membuat Pestisida dari Kenikir, Bisa Mengatasi Berbagai Hama

Bunga matahari

Biasanya, bunga matahari ditanam sebagai tanaman hias di rumah atau tanaman. Tapi siapa sangka jika bunga berukuran besar dan berwarna cerah ini digunakan untuk mengusir hama di sawah.

Bunga matahari diketahui bisa menarik para predator pemangsa hama, sehingga secara otomatis populasi hama di sawah bisa dikendalikan. Meskipun demikian, bunga matahari sebaiknya ditanam sebagai pagar saja.

Pasalnya, bunga matahari memiliki ukuran besar sehingga dapat menghalau penyinaran matahari pada tanaman utama. Selain itu, tanaman ini juga bisa menyebabkan kompetisi nutrisi dengan tanaman utama.

Baca juga: Cara Menanam Bunga Matahari di Sawah, Bisa Mengusir Wereng

Bunga jengger ayam

Tanaman refugia lainnya yang dapat ditanam di sawah yaitu bunga jengger. Sesuai dengan namanya, bentuk bunga ini mirip dengan jengger ayam dengan warna mencolok.

Bunga jengger ayam banyak dipilih petani sebagai bunga refugia karena mudah tumbuh di segala kondisi, tak terkecuali pada lahan yang kurang subur.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com