Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Kulit Kentang Bisa Dijadikan Kompos? Perhatikan Hal Ini

Kompas.com - 23/02/2023, 20:56 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak sampah dapur yang bisa dijadikan kompos, termasuk kulit buah dan sayuran. Namun, ada beberapa sampah dapur yang tidak bisa dijadikan kompos.

Dikutip dari Gardening Know How, Kamis (23/2/2023), nungkin Anda pernah mendengar membuat kompos dari kulit kentang bukanlah ide yang baik. Meskipun Anda harus berhati-hati saat menambahkan kulit kentang ke kompos, membuat kompos dari kulit kentang bermanfaat.

Kentang mengandung nutrisi seperti nitrogen, fosfor, potasium, dan magnesium. Pengomposan kulit kentang menambah nutrisi ini ke kompos dan menguntungkan tanaman yang pada akhirnya akan tumbuh menggunakan kompos itu.

Baca juga: Cara Membuat Kompos Daun Kering, Mudah dan Murah

Ilustrasi kulit kentang. Kulit kentang dapat dimanfaatkan untuk membuat kompos.PIXABAY/THOMAS G. Ilustrasi kulit kentang. Kulit kentang dapat dimanfaatkan untuk membuat kompos.

Bisakah membuat kompos dari kulit kentang?

Masalah yang dapat timbul dari menambahkan kulit kentang ke kompos adalah kentang utuh dan kulitnya dapat membawa hawar kentang. Ini adalah infeksi jamur yang menyerang tanaman tomat dan kentang.

Spora hawar kentang bertahan dari satu musim ke musim berikutnya dengan melewati musim dingin pada jaringan tanaman hidup. Umbi kentang yang terinfeksi adalah inang yang sempurna.

Gejala hawar pada tanaman kentang dan tomat antara lain bercak kuning dengan bagian tengah berwarna coklat pada daun dan bercak gelap pada umbi kentang.

Ini diikuti oleh umbi kentang yang membusuk dari kulit ke arah tengah dan akhirnya berubah menjadi massa yang lembek.

Baca juga: Ketahui, Ciri-ciri Pupuk Kompos yang Baik untuk Tanaman

Jika tidak terkendali, hawar kentang dapat memusnahkan seluruh tanaman kentang dan tomat. Ada alasan untuk khawatir tentang menambahkan kulit kentang ke kompos.

Cara membuat kompos dari kulit kentang

Menghindari penyebaran hawar saat membuat kompos kulit kentang dapat dilakukan dengan mengikuti beberapa tindakan pencegahan sederhana.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com