Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Menanam Kacang Panjang di Pekarangan Rumah

Kompas.com - 24/05/2023, 20:39 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kacang panjang termasuk sayuran kacang-kacangan yang mudah ditanam. Sayuran ini bahkan bisa ditanam di pekarangan rumah.

Menanam kacang panjang di pekarangan rumah tidak berbeda jauh dengan budidaya kacang panjang di lahan luas. Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Rabu (24/5/2023), berikut penjelasan selengkapnya.

Pengolahan lahan tanam

Lahan pekarangan yang hendak ditanami perlu diolah terlebih dahulu sampai gembur. Kemudian buat lubang tanam dengan kedalaman sekitar 10 cm.

Baca juga: Mudah, Cara Menanam Kacang Panjang dari Biji

Setelah itu, masukkan pupuk kandang pada lubang tanam tersebut. Di atas pupuk kandang tambahkan pupuk KCl sebanyak 1 sendok makan.

Lalu, tutup kembali lubang tanam dengan tanah setebal 3 m. Berikutnya, gali kembali lubang tanam tersebut namun kedalamannya cukup 2 cm saja sebagai tempat penanaman.

Ilustrasi menanam kacang panjangSHUTTERSTOCK/YOUNG SWEE MING Ilustrasi menanam kacang panjang

Penanaman benih

Cara menanam kacang panjang di pekarangan rumah yaitu letakkan biji atau benih kacang panjang pada lubang tanam. Jumlah benih per lubang tanam cukup 3 atau 4 biji saja.

Setelah itu, tutup tipis lubang tanam dan tunggu beberapa hari sampai benih tumbuh menjadi bibit atau tanaman muda.

Baca juga: Mudah, Cara Menanam Kacang Panjang di Halaman Rumah

Perawatan tanaman

Merawat kacang panjang yang ditanam di pekarangan rumah sebenarnya tidak sulit. Lakukan penyiraman secara rutin agar tanaman tumbuh dengan baik.

Selain itu, buat juga lanjaran atau ajir sebagai tempat rambatan tanaman. Lanjaran dapat terbuat dari bilah bambu atau kayu.

Panen

Tanaman kacang panjang mulai berbunga saat berumur 35 hari dan bisa dipanen saat berumur 50 hari. Cara panennya cukup dengan memetik kacang panjang yang sudah siap panen dan letakkan pada keranjang bersih.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com