Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menanam Aglonema agar Tumbuh Subur dan Berdaun Banyak

Kompas.com - 21/08/2022, 20:02 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aglonema atau sri rejeki termasuk tanaman hias yang banyak digemari. Tanaman ini bisa diperbanyak dengan mudah.

Namun, cara menanam aglonema agar tumbuh subur harus sesuai dengan syarat tumbuhnya. Aglonema akan tumbuh dengan baik di tempat dengan intensitas penyinaran matahari 35-40 persen saja.

Baca juga: Gampang, Ini Cara Menanam Bonggol Aglonema di Pot

Kelembapan udara yang dibutuhkan tanaman hias ini sekitar 50 persen, suhu ideal 25 derajat Celsius pada siang hari, serta 16-26 derajat Celsius pada malam hari.

Setelah mengetahui kondisi lingkungan telah sesuai dengan syarat tumbuh aglonema, maka Anda bisa segera menanam tanaman hias tersebut.

Berdasarkan keterangan dalam buku Budidaya Tanaman Hias Daun Anthurium dan Aglaonema, berikut cara menanam aglonema agar tumbuh subur dan berdaun banyak. 

Baca juga: 10 Jenis Aglonema Tiga Warna yang Cantik dan Cocok Dikoleksi

1. Menyiapkan media tanam

Ilustrasi tanaman hias Aglonema Modestum.SHUTTERSTOCK/KENDO NICE Ilustrasi tanaman hias Aglonema Modestum.
Media tanam yang sesuai untuk pertumbuhan aglonema adalah tanah berhumus yang kaya hara dan sangat porous. Walau demikian, komposisi media tanam aglonema tersusun dari bahan ringan.

Campuran yang bisa digunakan yaitu cocopeat, arang sekam, dan pasir halus dengan perbandingan 2:2:1. Selain ketiga bahan tersebut, ada juga pupuk lambat pelepas sepeti dekastar dan dekaform. 

Media tanam yang akan digunakan sebaiknya disterilisasi terlebih dahulu untuk mencegah persebaran hama dan penyakit yang dapat menggangu tanaman hias ini.

Baca juga: Tips Merawat Anakan Aglonema Agar Cepat Besar

2. Menanam aglonema

Penanaman aglonema bisa dilakukan dalam pot. Jenis pot yang digunakan harus memiliki lubang untuk mengeluarkan air agar tidak tergenang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com