Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudah, Cara Menanam Biji Cabe agar Cepat Tumbuh

Kompas.com - 06/09/2022, 11:06 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cara menanam biji cabe agar cepat tumbuh dipengaruhi oleh beberapa hal seperti pemilihan varietas cabai, media tanam, hingga perawatan yang optimal. Menanam biji cabe yang benar akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman tersebut.

Penanaman biji cabe bisa dilakukan di polybag atau di lahan terbuka. Penanaman di polybag relatif lebih mudah dan bisa dilakukan dimana saja, termasuk di rumah atau apartemen.

Berdasarkan keterangan di Cybext Kementerian Pertanian, berikut ini tiga langkah menanam biji cabe agar cepat tumbuh dnegan mudah dan praktis.

Baca juga: Praktis, Bagini Cara Menanam Cabe Rawit di Polybag agar Bebuah Lebat

1. Pilih benih

Ilustrasi menanam bibit, menanam benih cabai.SHUTTERSTOCK/MARCO DE BENEDICTIS Ilustrasi menanam bibit, menanam benih cabai.
Langkah awal yang harus dilakukan sebelum menanam biji cabe yaitu memilih biji atau benih cabai terbaik. Benih yang berkualitas berasal dari buah cabai yang matang dari pohon.

Jika mendapati buah cabai yang sudah matang dari pohon, Anda bisa membuka buah tersebut kemudian ambil bijinya. Setelah itu, Anda bisa merendam biji cabe tersebut ke dalam air bersih yang sudah dicampur bawang putih halus.

Rendam kurang lebih satu malam. Kemudian, pisahkan biji yang tenggelam dan terapung. Gunakan biji yang tenggelam karena biji tersebut memiliki kualitas baik.

Setelah direndam selama semalaman, biji yang tenggelam diangkat dan ditiriskan. Terakhir, jemur biji sampai kering sempurna.

Baca juga: Cara Menanam Cabe di Pot, Mudah dan Praktis

2. Siapkan media tanam

Media tanam yang digunakan untuk menanam cabai yaitu campuran dari tanah, pupuk kandang atau Urea, dan KCl. Seluruh bahan dicampur rata kemudian diayak.

Masukan media tanam ke polybag. Pastikan media tanam tersebut gembur, karena media tanam yang terlalu padat membuat biji cabai tidak tumbuh dengan maksimal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com