Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jahe Bisa Jadi Fungisida Nabati, Begini Cara Membuatnya

Kompas.com - 30/09/2022, 11:37 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Fungisida adalah salah satunya cara mengendalikan serangan jamur pengganggu tanaman. Namun, sebagian besar petani masih menggunakan fungisida kimia.

Padahal, petani bisa menggunakan fungisida nabati agar tidak berdampak negatif pada tanaman, lingkungan, ataupun konsumen.

Dikutip dari laman Dinas Pertanian Kabupaten Luwu Utara, Jumat (30/9/2022), petani bisa memanfaatkan beberapa jenis tanaman untuk membuat fungisida nabati. Penggunaan fungisida nabati lebih aman terhadap lingkungan dan tidak meninggalkan residu yang berbahaya.

Baca juga: Mudah, Cara Menanam Jahe di Pekarangan Rumah

Ilustrasi jahe.FREEPIK/JCOMP Ilustrasi jahe.

Penggunaan fungisida nabati juga berpengaruh pada produk pertanian yang dihasilkan, yaitu menjadi lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi.

Jahe adalah salah satu bahan yang dapat dimanfaatkan sebagai fungisida nabati. Tanaman rempah ini sering dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan minuman atau bumbu penyedap rasa pada masakan.

Cara membuat fungisida nabati dari jahe sangat mudah. Bahan baku yang dibutuhkan adalah rimpang jahe dan gula merah dengan perbandingan yang sama.

Alat-alat yang dibutuhkan antara lain stoples plastik, baskom, pisau, karet, dan kertas buram atau kertas yang memiliki pori.

Baca juga: Cara Menanam Jahe Merah Metode Vertikultur, Cocok untuk Lahan Sempit

Berikut cara membuat fungisida nabati dari jahe.

Pertama, siapkan jahe dan gula merah dengan perbandingan yang sama, yaitu 1 : 1. Iris tipis-tipis jahe dengan pisau, lalu sisir gula merah agar lebih halus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com