Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Cara Budidaya Tanaman Kopi agar Panennya Melimpah

Kompas.com - 11/10/2022, 14:55 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comKopi merupakan salah satu komoditas perkebunan penting di Indonesia. Hasil kopi dalam negeri tak hanya dimanfaatkan untuk konsumsi masyarakat Indonesia saja, namun juga diekspor ke luar negeri.

Bahkan, menurut data dari International Coffee Organization (ICO) pada tahun 2020, Indonesia termasuk negara penghasil kopi terbesar di dunia setelah Brasil, Vietnam, dan Kolombia. Untuk menjaga konsistensi produksi kopi di Indonesia, maka teknik budidaya kopo harus dilakukan dengan baik.

Dilansir dari Cybext Institut Pertanian Bogor, Selasa (11/10/2022), berikut tata cara budidaya tanaman kopi yang benar agar hasilnya maksimal.

Baca juga: Syarat Tumbuh Tanaman Lontar yang Perlu Diketahui

Persiapan lahan

Cara menanam kopi yang pertama adalah Persiapan lahan. Persiapan lahan kopi diperlukan untuk memastikan tanah siap digunakan untuk menanam kopi.

Persiapan lahan harus dilakukan semaksimal mungkin agar tanaman kopi bisa tumbuh dengan baik.

Perlu diketahui juga bahwa tanaman kopi membutuhkan naungan. Maka dari itu dalam persiapan lahan perlu juga menyiapkan naungan.

Kopi Robusta Manggarai Timur, Flores, NTT, Kamis, (6/10/2022)KOMPAS.com/MARKUS MAKUR Kopi Robusta Manggarai Timur, Flores, NTT, Kamis, (6/10/2022)

Persiapan tanam dan penanaman

Kegiatan persiapan tanam meliputi pemilihan varietas kopi terbaik dan pembibitan. Tanaman kopi bisa diperbanyak secara generatif menggunakan biji atau secara vegetatif menggunakan sambung atau stek.

Bibit tanaman yang sudah siap, bisa segera ditanam pada lahan yang telah diolah. Pastikan untuk mengatur jarak tanam agar tanaman bisa tumbuh dengan optimal.

Baca juga: Cara Budidaya Sagu, Bisa Jadi Subsitusi Pangan

Pemupukan

Pemupukan diberikan setahun dua kali yakni di awal dan akhir musim hujan. Sebelum dipupuk, lahan budidaya harus dibersihkan terlebih dahulu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com