Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini Syarat Tumbuh Tanaman Padi yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 22/10/2022, 12:35 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Padi merupakan tanaman pangan yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Padi termasuk tanaman penting, sehingga produktivitasnya harus dijaga.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga produktivitas padi yaitu dengan menanam padi sesuai syarat tumbuhnya. Dilansir dari buku Pengantar Teknologi Budidaya Tanaman Serealia Jagung dan Padi, Sabtu (22/10/2022), berikut syarat tumbuh tanaman padi yang perlu diperhatikan.

1. Curah hujan

Tanaman padi akan tumbuh dengan baik pada daerah beriklim tropis dan subtropis dengan cuaca panas dan kelembapan tinggi. Rata-rata curah hujan yang baik untuk pertumbuhan tanaman padi yaitu 200 mm/bulan atau 1500-2000 mm per tahun.

Baca juga: Ini Varietas Padi yang Tahan Genangan, Cocok Ditanam Saat Musim Hujan

Padi sebenarnya bisa ditanam saat musim hujan maupun kemarau. Akan tetapi, ketersediaan air saat musim kemarau harus diperhatikan agar produktivitas tanaman tetap terjaga.

Sementara itu saat musim hujan, perlu diwaspadai bahwa penyerbukan bisa kurang intensif.

2. Ketinggian tempat dan suhu udara

Ilustrasi tanaman padiShutterstock/su prasert Ilustrasi tanaman padi

Di dataran rendah, tanaman padi akan tumbuh dengan pada ketinggian 0-650 meter di atas permukaan laut (mdpl) dengan suhu 22-27 derajat Celcius. Sedangkan pada dataran tinggi, tanaman ini akan tumbuh dengan baik pada ketinggian 650-1500 mdpl dengan suhu 19-23 derajat Celcius.

3. Penyinaran matahari, angin, dan temperatur

Syarat tumbuh tanaman padi lainnya yaitu penyinaran matahari, angin, dan temperatur. Tanaman padi butuh penyinaran matahari penuh tanpa naungan.

Baca juga: 3 Langkah Menyemai Padi Saat Musim Hujan

Angin juga sangat mempengaruhi pertumbuhan padi terutama penyerbukan dan pembuahan. Akan tetapi, angin yang terlalu kencang juga bisa merobohkan tanaman.

Temperatur juga sangat mempengaruhi produktivitas tanaman padi. Temperatur dan kelembapan tinggi bisa menyebabkan gabah hampa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com