Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini Cara Membasmi Ulat di Pohon Rambutan

Kompas.com - 08/11/2022, 16:42 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu hama yang sering ditemukan di pohon rambutan yaitu hama ulat. Umumnya, hama ini menyerang tanaman dengan merusak daun. Walaupun ada juga yang menyerang bagian batang dan buah.

Hama ulat yang menyerang tanaman rambutan terdapat beberapa jenis, antara lain; ulat pemakan daun, ulat penggerek batang, ulat jengkal, dan ulat penggerek buah. Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Selasa (8/11/2022), berikut cara membasmi ulat di pohon rambutan yang perlu diketahui.

Baca juga: Hama yang Sering Menyerang Pohon Rambutan dan Cara Mengendalikannya

Ulat pemakan daun

Ilustrasi ulat daun.UNSPLASH/WALTER DEL AGUILA Ilustrasi ulat daun.

Seperti namanya, hama ini menyerang tanaman dengan cara memakan daun terutama daun muda. Hama ini dapat menyebabkan pohon rambutan gundul dan menyisakan tulang daun.

Cara mengendalikan hama ini bisa dilakukan secara teknis maupun kimiawi. Secara teknis, cara mengendalikan hama ini yaitu membersihkan gulma, memusnahkan pupa, pemupukan secara berimbang, dan memusnahkan larva.

Sedangkan, cara kimiawi bisa dilakukan dengan menyemprotkan insektisida Beta 15 EC dosis 15 gram/liter air.

Baca juga: Simak, Cara Merawat Pohon Rambutan agar Berbuah Lebat

Ulat penggerek batang

Ulat penggerek batang bisa membuat lubang pada batang kayu. Cara membasmi ulat di pohon rambutan ini yaitu dengan menyemprotkan insektisida dengan dosis sesuai anjuran pada kemasan produk.

Ulat jengkal

Ulat jengkal berwarna coklat menyerupai tangkai daun kering serta memiliki bentuk tubuh ramping, dan beruas. Hama ini biasanya memakan daun muda yang menyebabkan pinggiran daun menjadi kering, keriting, dan berwarna coklat kuning. Cara pengendalian hama ini yaitu dengan menyemprotkan insektisida.

Baca juga: Cara Budidaya Rambutan di Lahan 1 Hektar

Ulat penggerek buah

Hama tanaman rambutan ini memiliki warna merah kecoklatan. Sesuai dengan namanya, ulat ini menyerang bagian buah rambutan terutama yang masih muda atau yang belum matang.

Buah yang terserang hama ini akan berubah menjadi kering dan berwarna hitam. Pengendalian hama ini yaitu dengan menyemprotkan insektisida jenis Lindane atau Diazinon dengan dosis pemakaian sesuai anjuran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com