Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Pembibitan Kelapa agar Menghasilkan Bibit yang Produktif

Kompas.com - 18/12/2022, 12:58 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembibitan menjadi salah satu faktor yang menentukan keberhasilan budidaya kelapa. Hal tersebut dikarenakan bibit yang berkualitas akan tumbuh menjadi tanaman kelapa yang sehat dan produktivitasnya maksimal.

Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Minggu (18/12/2022), berikut tips pembibitan untuk menghasilkan bibit kelapa berkualitas dan produktif.

Buat naungan

Tujuan pembuatan naungan dalam pembibitan kelapa yaitu agar buah kelapa tidak terkena sinar matahari langsung dan air hujan. Dengan adanya naungan, maka pertumbuhan bibit kelapa akan tumbuh merata.

Baca juga: 5 Tahapan Pembibitan Kelapa untuk Menghasilkan Bibit Berkualitas

Lakukan seleksi buah kelapa

Ilustrasi tanaman kelapa, pohon kelapa, buah kelapa. PIXABAY/SUANPA Ilustrasi tanaman kelapa, pohon kelapa, buah kelapa.

Tips pembibitan kelapa berikutnya yaitu melakukan seleksi buah kelapa yang akan disemai. Kegiatan ini berguna untuk memisahkan buah kelapa yang bagus dan kurang bagus.

Sayat buah kelapa

Buah kelapa terbaik kemudian disayat untuk mempermudah air masuk ke mata atau titik tumbuh. Dengan demikian, pertumbuhannya bisa lebih cepat.

Pendederan

Tahapan pembibitan kelapa selanjutnya yaitu pendederan. Kegiatan mendederkan buah kelapa yang sudah disayat diletakkan pada tempat pembibitan.

Baca juga: Cara Membuat Bibit Kelapa Genjah yang Berkualitas

Pastikan bagian kelapa yang sudah disayat berada di atas. Tujuannya agar penyiraman dan pemeliharaan lebih mudah.

Lakukan penyiraman secara rutin

Penyiraman dilakukan untuk memudahkan mata tunas tumbuh. Penyiraman dilakukan secukupnya dan jangan sampai tergenang. Penyiraman minimal satu kali dalam sehari.

Pindah tanam

Setelah bibit kelapa berumur 6 bulan, bibit sudah bisa dipindahkan ke lahan tanam. Lakukan penanaman dengan hati-hati agar bibit tidak rusak.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com