Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciri-ciri Jagung Manis Siap Panen dan Cara Memanennya

Kompas.com - 23/12/2022, 20:55 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jagung manis adalah salah satu varietas jagung yang banyak dikonsumsi masyarakat karena rasanya yang lezat. Dalam budidaya jagung manis, salah satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah panen.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Jumat (23/12/2022), panen jagung manis biasanya dilakukan setelah memasuki 64 sampai 82 hari setelah tanam. Waktu ini berjarak kurang lebih selama 21 hari setelah berbunga.

Lamanya waktu panen bergantung pada varietas yang ditanam. Jagung manis biasanya dipanen untuk dikonsumsi dalam keadaan segar.

Baca juga: Langkah-langkah Menanam Jagung Hibrida agar Cepat Panen

Ilustrasi jagung manis, tanaman jagung manis, menanam jagung manis.SHUTTERSTOCK/TON PHOTOGRAPHER 4289 Ilustrasi jagung manis, tanaman jagung manis, menanam jagung manis.

Jika jagung manis ditanam di dataran tinggi, waktu panennya bisa lebih lama. Waktu panen jagung manis bisa mencapai 104 hari setelah masa tanam.

Lamanya waktu panen tentu saja akan memengaruhi tekstur dan rasa jagung manis, terutama rasa manis yang dihasilkan.

Panen jagung manis yang terlalu cepat bisa mengakibatkan produksinya lebih rendah. Biji jagung manis belum terbentuk secara sempurna.

Akan tetapi, panen yang terlalu tua bisa menyebabkan biji jagung mengeras dan rasa manisnya berkurang. Gula yang terdapat pada jagung sudah berubah menjadi pati.

Baca juga: Cara Menanam Jagung agar Panen Melimpah dengan Sistem TOT

Untuk mendapatkan kandungan gula tertinggi bisa dilakukan dengan memanen pada umur 20 hari setelah bunga betina berbuah. Setelah itu, kandungan gula pada jagung akan berangsur-angsur menurun.

Semakin tua, kandungan gula ini akan semakin sedikit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com