Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pahami Ciri-ciri Jagung Terserang Virus dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 26/11/2022, 13:40 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Virus merupakan salah satu patogen penyebab penyakit tanaman. Kelompok patogen ini bisa dijumpai pada berbagai jenis tanaman, tak terkecuali pada tanaman jagung.

Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Sabtu (26/11/2022), jenis virus yang menyerang tanaman jagung yaitu virus maize dwarf mosaic (MDMV). Virus ini berasal dari keluarga potyviridae.

Virus ini bisa menyebabkan tanaman jagung mengalami penyakit mosaic kerdil. Adapun ciri ciri jagung terserang virus dan cara mengatasinya, seperti berikut.

Baca juga: Ciri-ciri Jagung Terkena Penyakit Bulai dan Cara Mengendalikannya

Ciri-ciri tanaman jagung terserang virus

ilustrasi tanaman jagung yang terserang penyakitPexels/lilartsy ilustrasi tanaman jagung yang terserang penyakit

Ciri-ciri jagung yang terserang virus bisa dilihat dari daun tanaman ini. Daun tanaman jagung yang terserang virus akan muncul garis kuning muda terputus-putus di permukaanya.

Pada daun muda, terdapat bercak klorosis yang akan berubah menjadi pola mosaic dan menguning. Lama-kelamaan akan muncul garis merah atau bercak.

Selain menimbulkan gejala pada daun, virus juga membuat tanaman jagung menjadi kerdil dan tongkolnya berukuran kecil. Di masa produktivitas, tanaman jagung yang terserang virus akan mengalami busuk akar dan mandul.

Baca juga: Kenali Ciri-ciri Jagung Terserang Bulai dan Cara Mengatasinya

Persebaran virus tanaman jagung

Persebaran virus pada tanaman jagung bisa melalui berbagai cara. Virus yang menyerang tanaman jagung menyebar lewat vektor serangga.

Selain itu, virus ini juga bisa menyebar lewat daun yang sudah terinfeksi dan saling bergesekan dengan daun yang masih sehat. Virus tersebut juga bisa menyebar lewat biji dan dibawa oleh vektor kutu daun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com