Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Merawat Tanaman Jagung agar Produktivitasnya Maksimal

Kompas.com - 31/12/2022, 10:45 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jagung atau Zea mays merupakan salah salah satu tanaman yang tersebar di berbagai belahan dunia. Di Indonesia jagung termasuk tanaman pangan utama setelah padi dan kedelai.

Jagung dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan dan pada jenis jagung tertentu dibuat menjadi pakan hewan ternak. Tanaman jagung akan tumbuh dengan subur apabila dirawat dengan baik.

Dengan melakukan perawatan yang tepat, maka tingkat keberhasilan budidaya jagung semakin tinggi. Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Sabtu (31/12/2022), berikut cara merawat tanaman jagung yang tepat agar pertumbuhan dan produktivitasnya maksimal.

Baca juga: Tips Pemupukan Tanaman Jagung yang Tepat dan Berimbang

Penyiraman secara rutin

Ilustrasi jagung manis, tanaman jagung manis, menanam jagung manis.SHUTTERSTOCK/TON PHOTOGRAPHER 4289 Ilustrasi jagung manis, tanaman jagung manis, menanam jagung manis.

Jagung termasuk tanaman yang bisa tumbuh pada lahan kering. Meskipun demikian, tanaman ini masih membutuhkan air untuk menunjang pertumbuhannya.

Air juga berfungsi dalam proses fotosintesis dan pengangkutan unsur hara dari dalam tanah. Penyiraman jagung diberikan sesuai kebutuhan tanaman, ketika permukaan lahan mulai mengering.

Pembersihan rumput liar

Rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman jagung dapat membuat pertumbuhan jagung terganggu. Hal tersebut dikarenakan unsur hara dan air yang terkandung didalam tanah, akan diserap oleh rumput liar tersebut.

Baca juga: Catat, Ini Cara Mengendalikan Gulma Tanaman Jagung

Cara membersihkan rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman jagung, dapat dicabut secara manual menggunakan tangan maupun disemprot menggunakan herbisida.

Pembumbunan

Cara merawat tanaman jagung selanjutnya yaitu pembumbunan. Kegiatan ini bertujuan menutup akar tanaman jagung yang terbuka pada bagian atas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com