Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini Kriteria Tumbuhan yang Bisa Dicangkok

Kompas.com - 03/01/2023, 11:29 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembibitan tanaman kini semakin mudah dengan adanya teknik perbanyakan vegetatif. Perlu diketahui bahwa perbanyakan vegetatif adalah kegiatan perbanyakan tanaman dengan menggunakan organik tanaman.

Jenis perbanyakan vegetatif sangat beragam, salah satunya mencangkok. Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Selasa (3/1/2023), mencangkok tanaman adalah kegiatan perbanyakan tanaman dengan cara menanam batang maupun dahan yang sudah memiliki akar.

Penumbuhan akar pada batang atau dahan dapat dilakukan dengan teknik tertentu. Keunggulan dari perbanyakan ini yaitu bisa menghasilkan tanaman unggul yang sama persis dengan tanaman induknya.

Baca juga: Panduan Perawatan Cangkok Tanaman agar Cepat Berbuah

Akan tetapi, perlu dipahami bahwa tidak semua tanaman bisa diperbanyak dengan cara cangkok. Lantas, apa saja kriteria tumbuhan yang bisa dicangkok? Simak penjelasannya berikut ini.

Ilustrasi cangkok tanaman, mencangkok tanaman. SHUTTERSTOCK/LEISURETIME70 Ilustrasi cangkok tanaman, mencangkok tanaman.

Kriteria tanaman yang bisa dicangkok

Tanaman yang dicangkok hanyalah tanaman dikotil dan berbiji terbuka. Selain itu, tanaman yang akan dicangkok juga harus mempunyai cabang berkayu dan tidak terlalu tua atau muda.

Cabang yang akan dicangkok sebaiknya memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, tegap, mulus, berwarna coklat muda, dan kulitnya mulus. Sifat unggul tanaman juga perlu diperhatikan.

Pastikan tanaman yang akan dicangkok memiliki sifat unggul dan pertumbuhannya baik. Hal tersebut dikarenakan bibit hasil cangkokan akan mempunyai sifat sama persis seperti tanaman induknya.

Baca juga: Simak, Keuntungan dan Cara Mencangkok Tanaman

Oleh karena itu, batang untuk cangkok harus dipilih dari tanaman terbaik. Apabila syarat tersebut terpenuhi, maka bibit cangkok bisa tumbuh dengan baik.

Itulah penjelasan singkat seputar kriteria tanaman yang bisa dicangkok. Perhatikan syarat-syarat tersebut sebelum mulai mencangkok tanaman.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com