Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Cara Panen dan Pasca-panen Rambutan yang Benar

Kompas.com - 14/01/2023, 16:31 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rambutan merupakan salah satu buah tropis yang banyak tumbuh di negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Thailand, dan Filipina. Buah ini ciri khas tersendiri yaitu memiliki rambut pada permukaan kulitnya

Pohon rambutan dapat mulai berbuah pada umur 2 hingga 3 tahun. Cepat atau lambatnya tanaman rambutan berbuah, tergantung pada jenis bibit dan perawatan yang dilakukan.

Sementara itu, kualitas buah rambutan yang dihasilkan juga bisa dipengaruhi oleh proses panen dan pasca panen yang dilakukan. Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Sabtu (14/1/2023), berikut ini cara panen dan pasca panen rambutan yang benar.

Baca juga: Simak, Cara Merawat Pohon Rambutan agar Berbuah Lebat

Cara panen

Ilustrasi menanam rambutan, pohon rambutan. WIKIMEDIA COMMONS/MICHAEL HERMANN Ilustrasi menanam rambutan, pohon rambutan.

Buah rambutan yang sudah siap dipanen memiliki ciri berwarna orange ataupun merah dan ukuran buahnya besar. Waktu panen buah rambutan yang baik yaitu pada pagi sampai siang hari.

Proses panen buah rambutan biasanya dilakukan dengan menggunakan tangga atau menggunakan alat bantu lainnya, untuk mencapai pohon rambutan yang tinggi. Petik buah rambutan bersama dengan tangkainya, untuk mempermudah proses penyimpanan dan pengiriman.

Pasca panen rambutan

Setelah proses panen selesai, kegiatan budidaya dilanjutkan dengan proses pasca panen. Berikut tahapan pasca panen rambutan yang benar.

Baca juga: Cara Budidaya Rambutan di Lahan 1 Hektar

1. Sortasi dan grading

Proses sortasi dan grading bertujuan untuk memisahkan buah yang baik dan kurang baik. Buah rambutan yang baik, memiliki kriteria seperti bebas dari serangan hama penyakit, warna dan ukuran buah seragam. Rambutan yang tidak masuk dalam kriteria tersebut, dipisahkan dan dijual dengan harga yang lebih murah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com