Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Umbi-umbian dan Contoh Tanamannya yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 08/02/2023, 17:45 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Umbi adalah bagian tanaman yang mengalami perubahan ukuran dan bentuk akibat dari perubahan fungsi. Umbi bisa berfungsi sebagia alat perkembang biakan maupun sebagai tempat menyimpan makanan.

Jenis umbi-umbian ternyata cukup beragam. Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Rabu (8/2/2023), berikut jenis umbi lengkap dengan contohnya.

1. Umbi lapis

Umbi lapis adalah jenis umbi dari tumpukan daun yang rapat pada susunan roset. Umbi ini ditemukan pada tanaman berkeping satu.

Baca juga: Cara Tanam Bawang Putih di Polybag, Cocok untuk Lahan Sempit

Pada umbi ini, bagian pangkalnya terdapat bagian yang agak keras bernama cakram. Tanaman umbi lapis juga memiliki lapisan daun lunak, tebal, dan berair.

Adapun beberapa contoh tanaman umbi lapis, antara lain; bawang merah, bawang bombay, dan bawang putih.

Ilustrasi talas.SHUTTERSTOCK / Brent Hofacker Ilustrasi talas.

2. Umbi batang

Jenis umbi-umbian lainnya yaitu umbi batang. Sesuai dengan namanya, umbi batang merupakan hasil modifikasi batang yang tumbuh dan berkembang dalam tanah.

Umbi ini bisa dimanfaatkan sebagai alat berkembang biak karena mampu menghasilkan tunas dan akar. Beberapa tanaman umbi juga mengandung karbohidrat sehingga bisa menjadi tanaman pangan.

Baca juga: Cara Menanam Talas agar Umbinya Besar

Contoh tanaman umbi batang, antara lain; kentang, talas, umbi dahlia, rimpang jahe, kencur, hingga kunyit.

3. Umbi akar

Umbi akar terbentuk dari akar tunggang dan cabang. Umbi akar bisa menjadi bahan perbanyakan namun tidak memiliki titik tumbuh. Contoh umbi akar yaitu ubi kayu, ubi jalar, wortel, dan lobak.

4. Umbi udara

Umbi udara adalah yang ada di bagian batan dan berada di atas permukaan tanah. Umbi ini bisa memunculkan tunas, sehingga dapat menjadi alat perkembang biakan.

Jenis umbi-umbian ini mengandung pati, sehingga bisa menjadi alternatif tanaman pangan. Contoh umbi udara yaitu gembili dan uwi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com