Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memilih Benih Tomat yang Baik agar Hasilkan Tanaman Berkualitas

Kompas.com - 21/02/2023, 15:14 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilihan benih yang tepat sangat mempengaruhi pertumbuhan dan produktivitas tanaman tomat. Benih tomat yang ditanam sebaiknya berasal dari varietas unggul.

Setiap varietas mempunyai keunggulannya masing-masing. Dilansir dari buku Bercocok Tanam Tomat untuk Melimpah, Selasa (21/2/2023), berikut ini tips memilih benih tomat yang baik.

Pilih varietas yang tahan penyakit

Tomat merupakan tanaman yang rentan terserang penyakit. Maka dari itu, sebaiknya pilih varietas tomat yang tahan penyakit.

Baca juga: Cara Menanam Tomat Servo di Musim Hujan agar Tidak Gagal Panen

Terdapat beberapa varietas yang diketahui mempunyai tingkat ketahanan tinggi terhadap hama maupun penyakit tanaman. Biasanya, benih yang tahan penyakit terdapat tanda huruf “V” atau “F” setelah nama varietas.

Cara pertumbuhan

Ilustrasi tanaman tomat.Shutterstock/Digihelion Ilustrasi tanaman tomat.

Tips memilih benih tomat berikutnya yaitu pilih varietas determinan. Varietas tomat ini memiliki sifat bisa bertahan di iklim dingin dan sudah dipanen dalam waktu singkat, hanya sekitar 2 minggu.

Akan tetapi, jika Anda mempunyai lahan luas dan bisa menunggu masa panen berbulan-bulan, maka Anda bisa menanam varietas indeterminan.

Baca juga: Cara Menanam Tomat di Sawah agar Panennya Banyak

Pertimbangkan masa panen

Buah tomat biasanya membutuhkan waktu panen sekitar 90 hari setelah tanam. Jika membeli benih, maka pastikan telah membaca keterangan pada label kemasan karena biasanya masa panen setiap varietas berbeda-beda.

Ketahui rasa dan tekstur

Rasa dan tekstur tomat juga menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Beberapa varietas tomat memiliki kadar gula tinggi, sehingga rasanya manis. Sementara itu, ada juga yang rasanya agak asam, asam seimbang, dan sangat asam.

Tempat penanaman

Tips memilih benih tomat yang terakhir yaitu mempertimbangkan tempat budidaya. Terdapat jenis tomat bisa tumbuh di lahan rendah atau tinggi.

Baca juga: Tips Menanam Tomat Saat Musim Hujan agar Tak Gagal Panen

Varietas tomat yang cocok ditanam di dataran tinggi, antara lain; Mutiara, Kadu, dan Berlian. Sedangkan untuk dataran rendah, varietas tomat yang sesuai yaitu GH2 dan GH4.

Pastikan memilih benih sesuai dengan tempat budidaya. Hal tersebut karena kesesuaian antara kondisi lahan dengan syarat tumbuh akan mempengaruhi pertumbuhan dan produktivitas tanaman.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com