Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Merawat Pepaya California agar Berbuah Banyak

Kompas.com - 12/03/2023, 17:32 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pepaya california merupakan salah satu jenis buah pepaya yang populer di Indonesia. Budidaya pepaya california cukup menjanjikan karena banyak diminati oleh konsumen dan memiliki harga yang cukup stabil.

Namun, untuk menghasilkan buah yang banyak dan berkualitas, perawatan pepaya california perlu dilakukan dengan tepat. Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Minggu (12/3/2023), berikut cara merawat pepaya california agar produktivitasnya maksimal.

1. Penyulaman

Bibit pepaya california yang ditanam pada lapangan terbuka, tidak seluruhnya dapat tumbuh dengan baik. Bibit pepaya california yang mati ataupun pertumbuhannya terganggu harus diganti atau disulam dengan bibit baru.

Baca juga: Menguntungkan, Ini Cara Menanam Pepaya California yang Benar

Penyulaman biasanya dilakukan 2 sampai 4 minggu setelah penanaman. Penyulaman akan membuat tanaman tumbuh serempak dan bisa dipanen di waktu yang sama.

Ilustrasi buah pepaya California. SHUTTERSTOCK/PASCALIS PW Ilustrasi buah pepaya California.

2. Pembersihan gulma

Gulma atau tanaman liar yang tumbuh di sekitar tanaman pepaya ini dapat merugikan. Hal ini tersebut karena rumput liar dapat berkompetisi dengan tanaman pepaya.

Selain itu juga, rumput liar yang tumbuh dapat menjadi sarang berbagai hama dan penyakit. Pembersih gulma dapat dilakukan dengan mudah, menggunakan cangkul. Akan tetapi, pada lahan yang luas dapat menggunakan herbisida supaya lebih efektif.

3. Pembumbunan

Cara merawat pepaya california berikutnya yaitu pembumbunan. Kegiatan ini dilakukan dengan mencangkul bagian permukaan tanah disekitar tanam.

Baca juga: Budidaya Pepaya California di Lahan Kering agar Buahnya Banyak

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com