Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat dan Cara Membuat ZPT dari Bawang Merah dan Bawang Putih

Kompas.com - 16/03/2023, 13:25 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beberapa cara untuk mendorong pertumbuhan tanaman, salah satunya dengan zat pengatur tumbuh (ZPT). ZPT adalah bahan yang dibuat untuk memacu pertumbuhan tanaman guna pembentukan fitohormon (hormon tumbuhan) yang sudah ada di dalam tanaman atau menggantikan fungsi dan peran hormon.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Kamis (16/3/2023), ZPT adalah senyawa alami maupun sintetik yang dalam konsentrasi rendah dapat mengatur, merangsang atau menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel tanaman.

ZPT yang dihasilkan oleh tanaman disebut fitohormon, sedangkan yang berasal dari luar tanaman secara buatan disebut ZPT sintetik.

Baca juga: 5 Sumber ZPT Alami yang Mudah Didapat, Apa Saja?

Ilustrasi bawang merah.PIXABAY/SUANPA Ilustrasi bawang merah.

ZPT nabati dapat dibuat dengan menggunakan bahan alami, salah satunya ekstrak bawang merah dan bawang putih. Ekstrak bawang merah memiliki kandungan ZPT yang merangsang mata tunas dan proses perakaran.

Umbi bawang merah mengandung vitamin B1 (Thiamin) untuk pertumbuhan tunas, riboflavin untuk pertumbuhan, asam nikotinat sebagai koenzim, serta mengandung zpt auksin dan rhizokalin yang dapat merangsang pertumbuhan akar.

Dalam penelitian ditemukan bahwa pemberian ekstrak bawang merah 50 persen menghasilkan jumlah daun terbanyak dengan rerata 10,46 helai daun. Ekstrak bawang merah yang mengandung auksin dan vitamin B1 (thiamin) dapat memacu pembelahan sel pada stek batang jarak pagar.

Adapun dalam bawang putih terdapat kandungan hormon scordinin yang kandungannya setara dengan auksin yang efektif dalam proses germinasi dan pengeluaran akar.

Baca juga: 5 ZPT Alami, Cara Membuat dan Menggunakannya

Cara membuat ZPT dari bawang merah dan bawang putih

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com