Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kandungan Ampas Kopi yang Bermanfaat untuk Tanaman

Kompas.com - 08/04/2023, 20:25 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kopi merupakan salah satu hasil pertanian yang nilai jualnya tinggi. Kopi banyak diolah menjadi minuman maupun campuran makanan.

Biasanya, setelah mengkonsumsi minum kopi kita akan membuang ampasnya begitu saja. Padahal, ampas kopi bisa dimanfaatkan sebagai pupuk atau nutrisi tanaman.

Hal tersebut dikarenakan ampas kopi mengandung beberapa komponen yang berguna untuk tanaman. Dikutip dari buku Manfaat Ampas Kopi untuk Tanaman, Sabtu (8/4/2023), berikut ini kandungan ampas kopi yang bermanfaat untuk tanaman.

Baca juga: 8 Perbedaan Kopi Arabika dan Robusta, Sudah Tahu?

1. Mineral

Ampas kopi yang bermanfaat untuk tanamanShutterstock/Nor Gal Ampas kopi yang bermanfaat untuk tanaman

Ampas kopi diketahui mengandung beberapa jenis mineral seperti kalium, zat besi, kalsium, gas nitrogen, fosfor, potasium, kromium, magnesium, karbon, dan tembaga. Setiap mineral memiliki manfaatnya masing-masing.

Akan tetapi, secara umum kandungan tersebut bisa membuat tanaman tumbuh dengan baik. Hal inilah yang membuat ampas bisa digunakan sebagai pupuk.

2. Kafein

Ampas kopi juga mengandung banyak kafein. Zat ini bisa membuat tanaman terhindar dari serangan serangan maupun ulat. Hanya saja, penggunaannya lebih cocok diterapkan pada tanaman yang tumbuh di tanah.

Baca juga: Cara Pembibitan Kopi Arabika agar Menghasilnya Bibit Berkualitas

Akan tetapi, ampas kopi tidak boleh diaplikasikan secara berlebihan. Pasalnya, kelebihan kafein akan membuat tanaman berisiko gagal tumbuh hingga keracunan kafein.

Itulah kandungan ampas kopi yang bermanfaat untuk tanaman. Meskipun bermanfaat, aplikasi ampas kopi tidak boleh diberikan sembarangan harus sesuai dengan kebutuhan tanaman.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com