Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Bawang Bombay di Pot dengan Mudah

Kompas.com - 09/04/2023, 13:58 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bawang bombay merupakan salah satu jenis bawang yang mudah dijumpai. Bawang ini memiliki ukuran lebih besar dibandingkan jenis bawang lainnya.

Meskipun ukuran umbinya besar, bawang ini tetap bisa ditanam di dalam pot. Dikutip dari situs Dinas Pertanian Provinsi Banten, Minggu (9/4/2023), berikut cara menanam bawang bombay di pot dengan mudah.

Waktu tanam

Penanaman bawang bombay sebaiknya dilakukan saat musim kemarau. Akan tetapi, perlu diimbangi dengan pemberian air yang cukup terutama di awal pertumbuhan.

Baca juga: Cara Menanam Bawang Bombay yang Benar, dari Memilih Bibit sampai Panen

Menyiapkan bibit

Cara pembibitan bawang bombay bisa dilakukan menggunakan biji atau umbi. Akan tetapi, umumnya penanaman bawang bombay dilakukan menggunakan umbi karena lebih mudah didapat walaupun harganya relatif mahal.

Bawang bombayPexels/Karolina Grabowska Bawang bombay

Persiapan media tanam

Langkah budidaya bawang bombay selanjutnya yaitu menyiapkan media tanam. Pastikan menggunakan tanah yang gembur.

Tambahkan juga pupuk kompos atau pupuk kandang untuk meningkatkan unsur hara pada media tanam tersebut. Masukkan media tanam pada pot yang ukurannya cukup besar.

Penanaman

Setelah umbi terpilih, langkah berikutnya yaitu membuat lubang tanam di tengah media tanam. Kemudian, umbi yang sudah dipilih dipotong bagian ujung dan keringkan.

Baca juga: Cara Menanam Daun Bawang di Pot, Mudah dan Praktis

Kemudian, letakkan umbi pada lubang tanam dan tutup area perakaran dengan tanah sembari dipadatkan.

Perawatan tanaman

Pemeliharaan tanaman bawang bombay yang dibutuhkan, antara lain penyiraman, penyiangan, dan pemberantasan hama serta penyakit. Penyiraman dilakukan secara terutama di awal pertumbuhan.

Selain itu, lakukan penyiangan untuk membersihkan gulma. Lakukan juga pengendalian hama maupun penyakit dengan cara menyemprotkan pestisida sesuai anjuran.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com