Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Air Kelapa untuk Tanaman dan Cara Menggunakannya

Kompas.com - 23/04/2024, 13:20 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman kelapa adalah tanaman yang memiliki banyak manfaat. Semua bagian tanaman kelapa, mulai dari akar hingga buah kelapa memiliki manfaat.

Demikian pula dengan air kelapa, tak hanya menyegarkan dan menyehatkan tubuh, namun air kelapa juga bermanfaat bagi tanaman.

Dikutip dari laman Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak, Selasa (23/4/2024), untuk mendapatkan hasil produksi yang baik, pertumbuhan tanaman harus diperhatikan, misalnya penggunaan bahan organik dan kebutuhan air.

Baca juga: Mengenal Kelapa Genjah Entok, Kandungan Airnya Lebih Banyak

Ilustrasi air kelapa. Terdapat sejumlah efek samping minum air kelapa bagi sejumlah kelompok orang.Shutterstock/NUM LPPHOTO Ilustrasi air kelapa. Terdapat sejumlah efek samping minum air kelapa bagi sejumlah kelompok orang.

Manfaat lain dari penggunaan bahan organik untuk pertanian adalah untuk mengurangi pemakaian pupuk kimia. Salah satu cara membantu mempercepat pertumbuhan tanaman adalah dengan menggunakan air kelapa (Cocos nucifera L.) sebagai pengganti pupuk kimia.

Air kelapa adalah salah satu produk tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman.

Air kelapa yang sering dibuang oleh para pedagang di pasar. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bila dimanfaatkan untuk menyiram tanaman.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa air kelapa kaya akan kalium, mineral diantaranya Kalsium (Ca), Natrium (Na), Magnesium (Mg), Ferum (Fe), Cuprum (Cu), dan Sulfur (S), gula dan protein. Kandungan mineral itu merupakan hormon-hormon pertumbuhan yang sangat dibutuhkan tanaman.

Baca juga: Cerita Bali Pure Olah Minyak Kelapa hingga Kunyit dan Jahe Tembus Pasar Ekspor

Selain kaya mineral, dalam air kelapa juga mengandung dua hormon alami, yaitu auksin dan sitokinin yang berperan sebagai pendukung pembelahan sel.

Cara menggunakan air kelapa untuk pupuk tanaman

Cara menggunakan air kelapa sebagai pupuk tanaman cukup sederhana. Semprotkan air kelapa pada daun dan siramkan pada akar tanaman satu hingga dua kali seminggu, dan penyiraman dengan air biasa dilakukan setiap hari.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com