Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Bawang Merah di Rumah, Bisa Pakai Polybag

Kompas.com - 24/04/2024, 08:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bawang merah digunakan masyarakat sebagai bumbu masakan. Adapun tanaman bawang merah (Allium ascalonicum L.) adalah tanaman semusim yang memiliki umbi yang berlapis, berakar serabut, dengan daun berbentuk silinder berongga.

Umbi bawang merah terbentuk dari pangkal daun yang bersatu dan membentuk batang yang berubah bentuk dan fungsi, membesar dan membentuk umbi. Umbi terbentuk dari lapisan-lapisan daun yang membesar dan bersatu.

Tanaman bawang merah merupakan salah satu komoditas sayuran dataran rendah. Jika Anda tertarik menanam bawang merah di rumah, Anda bisa melakukannya dengan pot atau polybag.

Baca juga: Pedoman Pemupukan Bawang Merah yang Efektif dan Efisien

ilustrasi tanaman bawang merahShutterstock/Stock Holm ilustrasi tanaman bawang merah

Budidaya bawang merah di polybag dapat dilakukan sebagai solusi dalam mengatasi kebutuhan akan bawang merah untuk konsumsi harian keluarga.

Menanam bawang merah di polybag memberikan banyak keuntungan, selain menghemat biaya dan lahan, juga berfungsi sebagai tanaman hias yang dapat menambah kesan asri pada pekarangan rumah.

Dikutip dari laman Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Buleleng, Rabu (24/4/2024), berikut cara menanam bawang merah di rumah menggunakan polybag.

Cara menanam bawang merah cukup mudah, karena bawang merah dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi, yaitu nol sampai 900 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Baca juga: Jangan Dibuang, Begini Cara Membuat Pupuk dari Kulit Bawang Merah

Tanaman bawang merah menyukai daerah yang beriklim kering dengan suhu agak panas dan mendapat pencahayaan sinar matahari hingga sekitar 70 persen.

Produksi terbaik dihasilkan pada penanaman tempat terbuka, karena bawang merah termasuk tanaman yang memerlukan sinar matahari cukup panjang. Tiupan angin sepoi-sepoi berpengaruh baik bagi tanaman terhadap laju fotosintesis dan pembentukan umbinya.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam menanam bawang merah dalam polybag adalah pertama, menyiapkan polybag ukuran 30 cm yang sudah diberi media tanam berupa campuran tanah gembur, arang sekam, pupuk kandang atau kompos dengan perbandingan 1 : 1 : 1.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com