Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Mencegah Tomat Busuk di Pohon

Kompas.com - 23/04/2024, 14:43 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat menanam tomat, salah satu masalah paling umum yang mungkin Anda temui adalah buah tomat busuk di pohon.

Dikutip dari Better Homes and Gardens, Selasa (23/4/2024), penyebab tomat busuk di pohon adalah karena kekurangan kalsium akibat kondisi kering. Tanaman tomat membutuhkan kalsium di seluruh bagian yang aktif tumbuh, mulai dari akar hingga buah.

Kalsium diangkut dari satu tempat ke tempat lain melalui air. Jika persediaan air terbatas, seperti saat musim kemarau, kalsium tidak dapat tersalurkan dari akar ke buah yang sedang berkembang sehingga terjadi pembusukan.

Baca juga: 5 Cara Mengendalikan Penyakit Layu Fusarium pada Tomat

Ilustrasi buah tomat busuk di pohon.SHUTTERSTOCK/AARON J HILL Ilustrasi buah tomat busuk di pohon.

Mungkin Anda pernah mendengar solusi untuk meningkatkan kalsium seperti menanam tomat dengan tablet antasida atau kulit telur di dalam lubang untuk menghindari pembusukan ujung bunga.

Meskipun bahan-bahan ini tidak akan merusak tanaman tomat, hal ini tidak akan memberikan banyak perbedaan karena sebagian besar tanah sudah memiliki banyak kalsium.

Masalah terbesarnya adalah tidak cukupnya air untuk memindahkan kalsium ke dalam buah. Namun, pengujian tanah akan menunjukkan apakah ada kekurangan kalsium atau unsur hara penting tanaman lainnya.

Tomat yang memasuki musim pertama adalah yang paling rentan karena seluruh bagian tanaman sedang berkembang pesat sehingga kebutuhan kalsium sangat tinggi.

Baca juga: Cara Menanam Tomat di Dataran Rendah dengan Benar agar Berbuah Banyak

Saat tanaman memindahkan kalsium dari akarnya, batang dan daun akan menggunakannya terlebih dahulu, sehingga kadang-kadang tidak ada cukup kalsium yang tersisa untuk buah yang matang, sehingga buah tomat menjadi hitam dan lembek.

Sisi baiknya dari pembusukan buah tomat di pohon adalah bahwa penyakit ini bukanlah penyakit yang berarti akhir dari panen tomat.

Penyakit ini tidak menular; tomat yang bergejala tidak akan "berbagi" masalahnya dengan tanaman di sekitarnya. Tidak ada pengendalian kimiawi, seperti fungisida, yang efektif.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com