Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Rosella di Polybag, Mudah dan Cepat Tumbuh

Kompas.com - 10/05/2023, 17:37 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bunga rosella merupakan tanaman yang cukup populer di Indonesia. Tanaman ini menghasilkan buah yang bentuknya menyerupai kelopak bunga.

Rosella diketahui memiliki banyak manfaat, sehingga sering diolah menjadi minuman seperti teh hingga sirup yang rasanya enak. Selain berkhasiat, bentuk buahnya yang indah juga membuat tanaman ini banyak ditanam sebagai tanaman hias.

Cara menanam rosella dapat dilakukan di dalam polybag atau pot. Kemudian diletakkan di halaman rumah.

Dikutip dari buku Si Cantik Rosella: Bunga Cantik Berjuta Khasiat, Rabu (10/5/2023), berikut ini ini cara menanam rosella di polybag dengan mudah.

Baca juga: Cara Menanam Rosella, Bunga yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Persiapan bahan tanaman

Ilustrasi tanaman bunga rosella, tanaman rosella. SHUTTERSTOCK/ZEN S PRAROM Ilustrasi tanaman bunga rosella, tanaman rosella.

Tanaman rosella bisa dikembangbiakan dengan cara vegetatif menggunakan stek batang atau cara generatif menggunakan biji. Meskipun demikian, perbanyakan rosella biasanya menggunakan biji.

Untuk mempercepat perkecambahan, biji rosella perlu direndam terlebih dahulu selama 24 jam. Lalu, pilih biji yang tenggelam.

Pembibitan

Benih rosella dapat ditanam langsung atau disemai terlebih dahulu. Adapun cara pembibitan rosella yaitu benih yang sudah dipilih ditanam 2 hingga 3 butir per lubang tanam.

Setelah bibit rosella memiliki daun sebanyak 2 sampai 4 helai, lakukan penjarangan dan pilih satu bibit yang pertumbuhannya paling baik.

Baca juga: 10 Bunga yang Bisa Dimakan, Jadi Hidangan Bergizi

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com