Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tanaman Hias Outdoor yang Mudah Dirawat, Apa Saja?

Kompas.com - 13/05/2023, 14:37 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.comTanaman hias dapat meningkatkan nilai estetika pada rumah, terutama pada bagian luar ruangan. Selain memberikan keindahan visual, tanaman hias juga memiliki manfaat lain seperti menyediakan oksigen, membantu mengurangi polusi udara, dan memberikan keteduhan serta kesegaran pada lingkungan rumah.

Banyak jenis tanaman hias yang dapat ditanam pada luar ruangan atau outdoor. Pemilihan jenis tanaman dapat disesuaikan dengan kondisi lingkungan setempat. Berikut beberapa jenis tanaman hias outdoor yang mudah dirawat.

1. Anggrek

Bunga anggrek bisa menjadi pilihan tanaman hias luar ruangan karena memiliki penampilan yang cantik dan mudah dirawat. Anda hanya perlu memastikan ketersediaan air sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Baca juga: 6 Cara Merawat Tanaman Anggrek, Apa Saja?

Tanaman anggrek sebenarnya membutuhkan air dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Kelebihan air dapat membuat tanaman terganggu hingga mati.

Maka dari itu, penggunaan media tanam yang kering seperti serabut kelapa dan arang, sangat direkomendasikan untuk tanaman anggrek.

Ilustrasi bunga matahari.Unsplash/dnguri Ilustrasi bunga matahari.

2. Bunga matahari

Bentuk dan warna bunganya yang unik menyerupai seperti matahari, membuat bunga matahari sering dijadikan tanaman hias. Perawatannya juga tidak terlalu sulit.

Selama mendapatkan sinar matahari secara penuh, bunga matahari dapat tumbuh dengan baik. Setelah bunganya layu, biji yang terdapat pada bunganya dapat dijadikan cemilan.

Baca juga: Cara Menanam Bunga Matahari di Rumah

3. Bougenville

Bougenville memiliki bunganya yang berwarna-warni saat bermekaran, membuat taman semakin indah. Tanaman bougenville dapat mengeluarkan bunga sepanjang tahun.

Akan tetapi, pada musim kemarau bunga yang dihasilkan semakin banyak. Akar yang dalam menjadi keunggulannya, sehingga mudah beradaptasi pada berbagai kondisi.

Walaupun jarang disiram, akar akan mencari air sendiri di dalam tanah, sehingga dapat tumbuh dan berbunga sepanjang waktu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com