Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Jenis Sayur yang Ditanam Saat Musim Kemarau

Kompas.com - 07/06/2023, 15:23 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sayuran memerlukan penyinaran matahari untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya. Akan tetapi, sinar matahari yang terlalu terik bisa membuat sayuran mudah layu.

Maka dari itu, jenis sayuran yang ditanam perlu disesuaikan dengan kondisi lingkungan setempat. Di musim kemarau seperti saat ini, pemilihan sayuran perlu lebih selektif.

Pasalnya, ada beberapa jenis sayur yang ternyata tidak cocok ditanam ketika musim kemarau. Mengutip dari situs Prodi Agribisnis, Universitas Medan Area, Rabu (7/6/2023), berikut ini beberapa jenis sayuran yang ditanam saat musim kemarau.

Baca juga: 7 Tanaman yang Tahan Kekeringan, Cocok Ditanam Saat Panas Ekstrem

1. Tomat

Tomat termasuk sayuran buah yang ternyata bisa ditanam di musim kemarau. Tanaman ini tidak memerlukan banyak air untuk tumbuh.

Ilustrasi menanam tomat, budidaya tomat dengan mulsa plastik. SHUTTERSTOCK/PIRUNPON Ilustrasi menanam tomat, budidaya tomat dengan mulsa plastik.

Akan tetapi, penyiraman tetap perlu dilakukan agar pertumbuhan dan produktivitasnya tetap maksimal. Selain itu, tanam juga tanaman pelindung di dekat tomat. Tujuannya agar tanaman tomat terlindungi dari paparan sinar matahari berlebih.

2. Timun

Jenis sayuran yang ditanam saat musim kemarau berikutnya yaitu timun. Tanaman ini cocok ditanam di daerah yang suhunya hangat cenderung panas. Timun juga akan menghasilkan buah yang baik dan mengandung banyak air, apabila ditanam di lahan kering dan bersuhu hangat.

Baca juga: Cara Menanam Timun di Musim Kemarau agar Tumbuh dengan Baik

3. Terong

Selain tomat dan timun, terong juga termasuk sayuran musim kemarau. tanaman ini bisa tumbuh dengan baik, meskipun jumlah air terbatas. Akan tetapi, Anda harus tetap menyiram air agar tanaman terong bisa berbuah dengan maksimal.

4. Labu

Labu juga cocok ditanam di area yang suhunya tinggi. Tak hanya cepat tumbuh, rasa labu yang dihasilkan juga sangat manis, dibandingkan dengan labu yang ditanam di daerah dingin.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com