Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Bit Merah di Pot, Mudah dan Praktis

Kompas.com - 14/06/2023, 21:06 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bit termasuk tanaman sayur yang masih berkerabat dekat dengan lobak. Tanaman ini menyukai cuaca dingin dan penyinaran yang cukup.

Tak hanya di lahan luas, bit juga bisa ditanam di dalam pot atau polybag. Melansir dari Gardenerspath, Rabu (14/6/2023), berikut ini cara menanam bit merah di pot dengan mudah.

Memilih wadah yang tepat

Hal pertama yang perlu disiapkan sebelum menanam bit yaitu wadah penanaman. Anda bisa menggunakan pot yang kedalamannya sekitar 10 inci.

Baca juga: Cara Menanam Buah Bit di Dataran Tinggi agar Hasilnya Berlimpah

Ukuran pot yang sesuai akan membuat akar tumbuh dan berkembang dengan mudah. Tak hanya itu, pot juga harus memiliki lubang drainase agar tanaman tidak tergenang.

Persiapan media tanam

Ilustrasi buah bit. SHUTTERSTOCK/MAKO-STUDIO Ilustrasi buah bit.

Tanaman bit membutuhkan tanah dengan pH antara 6 sampai 7. Selain itu, tanah yang ringat dan memiliki aerasi baik juga sangat dibutuhkan bit untuk tumbuh dan berkembang.

Media tanam bisa terbuat dari campuran tanah dan pupuk. Anda dapat menggunakan pupuk kandang dan tepung tulang untuk meningkatkan kesuburan media tanam.

Cara penanaman

Cara menanam bit cukup mudah. Anda hanya perlu meletakkan bibit atau benih bit pada lubang tanam yang sudah dibuat. Kemudian, tutup lubang tanam dengan media tanam.

Baca juga: Cara Menanam Lobak di Polybag dengan Mudah

Perawatan tanaman

Tanaman bit perlu disiram dengan rutin, terutama ketika masa kemarau. Saat tanaman baru tumbuh, penyiraman dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak tanaman.

Bersihkan juga gulma yang tumbuh di sekitar tanaman bit. Tujuannya agar tidak terjadi persaingan antara bit dengan gulma.

Sementara itu, hama dan penyakit bisa dikendalikan pestisida nabati seperti pestisida dari daun mimba.

Panen

Cara penan bit cukup mudah. Anda hanya perlu mencabut tanaman sampai umbinya terangkat. Kemudian bersihkan umbi bit dari media tanam yang masih menempel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com