Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Media Tanam untuk Tanaman Buah Dalam Pot

Kompas.com - 23/06/2023, 12:29 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Media tanam adalah salah satu aspek penting yang menentukan keberhasilan budidaya tanaman buah dalam pot. Umumnya media tanam untuk tanaman buah dalam pot jumlahnya dibatasi oleh volume pot, sehingga komposisi yang tepat akan membuat perakaran dapat berkembang dengan baik untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Jumat (23/6/2023), apapun jenis tanah mineral yang ada di sekitar Anda bisa digunakan sebagai bagian dari media tanam.

Namun, perlu diingat bahwa tanah yang akan digunakan adalah tanah murni, bukan tanah campuran bekas bongkaran bangunan, tanah yang tercemar limbah beracun, tanah dengan kadar garam tinggi, dan sebagainya.

Baca juga: 5 Jenis Media Tanam Anorganik yang Sering Digunakan

Ilustrasi menanam pepaya di pot. SHUTTERSTOCK/AIMPOL BURANET Ilustrasi menanam pepaya di pot.

Idealnya, tanah disaring dengan menggunakan ayakan berdiameter 0,5 cm (strimin) untuk mendapatkan butiran tanah yang homogen dan bebas dari campuran batu, kerikil, maupun partikel bukan tanah lainnya.

Berikut cara membuat media tanam untuk tanaman buah dalam pot.

Pertama, jika tanah yang digunakan tergolong tanah berat dengan kandungan fraksi lempung yang tinggi sehingga bersifat sangat liat, maka anjuran komposisi media tanamnya adalah 1 bagian tanah dicampur dengan 1 bagian pupuk kandang dan 3 bagian sekam segar atau sekam bakar atau kombinasi sekam segar dan sekam bakar.

Jangan sekali-kali menggunakan abu sekam untuk campuran media tanam karena dalam kondisi jenuh air, kombinasi tanah berat dengan abu sekam akan menghasilkan efek seperti lumpur yang justru mengganggu drainase air dan aerasi dalam media tanam.

Baca juga: Syarat dan Cara Membuat Media Tanam untuk Mengisi Polybag

Tanah jenis ini tergolong tanah yang miskin pori, baik pori makro maupun pori mikro, dan karena kandungan fraksi lempungnya yang tinggi, maka kemampuan ikat airnya sangat tinggi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com