Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menyemai Benih Sayuran dengan Mudah dan Cepat Tumbuh

Kompas.com - 27/06/2023, 10:51 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu hal yang perlu dilakukan sebelum menanam sayuran yaitu melakukan penyemaian benih. Kegiatan ini bertujuan agar benih bisa tumbuh seragam, mudah beradaptasi dengan lingkungan, serta tumbuh dan berkembang dengan baik.

Cara menyemai benih sayuran sebenarnya tidak sulit. Namun, untuk menghasilkan bibit atau tanaman muda yang berkualitas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Selasa (27/6/2023), penyemaian benih sayuran perlu memperhatikan beberapa hal, seperti; pemilihan benih, media semai, wadah atau tempat penyemaian yang digunakan, lokasi penyemaian, dan cara penyemaian. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Baca juga: Berapa Lama Penyemaian Tanaman Cabai? Ini Penjelasan dan Caranya

Pemilihan benih

Ilustrasi benih sayuran, bibit sayuran.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi benih sayuran, bibit sayuran.

Benih menjadi faktor penting yang menunjang keberhasilan budidaya tanaman. Maka dari itu, pemilihan benih harus dilakukan dengan cermat sebelum menyemai.

Pastikan untuk membeli benih dari varietas unggul, murni atau tidak tercampur dengan benih maupun kotoran, bebas hama dan penyakit, serta memiliki pertumbuhan dan produktivitas tinggi.

Persiapan media semai

Media tanam yang digunakan sebaiknya mengandung banyak unsur hara, memiliki drainase dan aerasi yang baik. Media tanam yang digunakan bisa dibuat dari campuran tanah, pupuk kandang, dan sekam padi menggunakan perbandingan 2:1:1.

Baca juga: Cara Membuat Media Semai Benih Organik

Menyiapkan wadah persemaian

Untuk menyemai benih sayuran, Anda bisa menggunakan wadah pot plastik kecil, polybag, atau tray semai. Pastikan wadah penyemaian telah memiliki lubang dibagian bawahnya agar air tidak menggenang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com