Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Merawat Tanaman Jeruk Siam agar Panennya Melimpah

Kompas.com - 01/07/2023, 11:46 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jeruk siam merupakan salah satu jenis jeruk yang banyak dikembangkan di Indonesia. Bahkan, penanaman buah ini sudah ada beberapa daerah.

Buah ini banyak disukai karena rasanya yang manis. Namun, untuk mendapatkan buah jeruk siam berkualitas, perawatan tanaman jeruk siam selama penanaman harus dilakukan dengan maksimal.

Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Sabtu (1/7/2023), berikut ini cara merawat tanaman jeruk siam agar panen dan kualitas buahnya maksimal.

Baca juga: Cara Menanam Jeruk Siam agar Berbuah Banyak dan Rasanya Manis

1. Penyiraman

Saat musim kemarau, lakukan penyiraman secara rutin agar tanaman jeruk siam bisa tumbuh dengan baik. Sementara itu, saat musim hujan, penyiraman bisa dikurangi atau disesuaikan dengan kebutuhan tanaman.

Ilustrasi tanaman jeruk, pohon jeruk, menanam jeruk. SHUTTERSTOCK/CHANWANGRONG Ilustrasi tanaman jeruk, pohon jeruk, menanam jeruk.

2. Pemupukan

Di tahun pertama setelah penanaman bibit, berikan pupuk dari campuran 25 kg pupuk kandang, TSP 150 gram, dan Urea 100 gram. Cara pemupukannya yaitu dengan menaburkan di sekitar tanaman.

Saat tanaman berumur 1 hingga 3 tahun, berikan pupuk NPK 150 gram/pohon dan TSP 150 gram/pohon. Pemupukan ini diulang setiap 3 bulan sekali dengan takaran yang sama.

Pemberian pupuk dilakukan setahun 2 kali yakni di awal musim hujan dan di akhir musim hujan dengan dosis sama yakni 25 kg/tanaman. Sementara itu, saat tanaman berumur di atas 3 tahun, berikan TSP 250 gram, NPK 250 gram, dan pupuk kandang 25 kg/tanaman.

Pada umur tersebut, pupuk kandang juga diberikan 2 kali yakni di awal dan akhir musim hujan dengan dosis 50 kg/tanaman.

Baca juga: 6 Cara Merawat Jeruk Nipis agar Berbuah Banyak

3. Penyiangan

Penyiangan adalah kegiatan membersihkan gulma atau tanaman liar yang tumbuh di sekitar tanaman jeruk siam. Penyiangan dilakukan secara rutin dengan frekuensi tertentu.

4. Pemangkasan ranting

Cara merawat tanaman jeruk siam berikutnya yaitu pemangkasan ranting. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk tajuk, menghilangkan ranting kering, sakit, atau dahan yang sudah tidak produktif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com