Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Hama Tanaman Kacang Hijau dan Cara Tepat Mengatasinya

Kompas.com - 12/07/2023, 13:02 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu kendala yang sering dijumpai dalam budidaya kacang hijau yaitu serangan hama. Ada banyak jenis hama tanaman kacang hijau yang bisa mengganggu pertumbuhan hingga menurunkan kualitas panen komoditas ini.

Oleh karena itu, petani perlu mengenal jenis hama yang biasa menyerang tanaman kacang hijau dan cara pengendaliannya. Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Rabu (12/7/2023), berikut penjelasan selengkapnya.

1. Ulat jengkal

Ulat jengkal termasuk jenis hama yang sering dijumpai pada tanaman kacang hijau. Ciri khas ulat ini yaitu warnanya hijau dan memiliki garis cerah disisinya.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Menanam Kacang Hijau di Sawah

Ilustrasi ulat jengkal pada tanaman kacang hijauPixabay/jcesar2015 Ilustrasi ulat jengkal pada tanaman kacang hijau

Ulat ini bisa menyerang bagian tanaman yang lunak seperti tunas daun atau buah yang masih muda. Cara mengendalikan hama ulat jengkal pada tanaman kacang hijau yaitu dengan menyemprotkan insektisida maupun dengan memanfaatkan musuh alami berpua Apanteles sp. atau Liatomastix sp.

2. Kepik hijau

Kelik hijau biasanya menyerang polong kacang hijau dan menyebabkan polong keriput. Berbintik, dan rasanya pahit. Cara mengendalikan hama ini yaitu dengan memusnahkan telur atau imagonya. Selain itu, lakukan juga pergiliran tanaman untuk memutus siklus hidup hama ini.

3. Kepik polong

Selain kepik hijau, ada juga kepik polong yang menjadi salah satu hama tanaman kacang hijau. Gejala serangan hama ini bisa diketahui dari kulit kacang hijau yang berbercak coklat sampai kehitaman.

Baca juga: Mudah, Ini Cara Menanam Kacang Hijau dengan Kapas di Rumah

Pengendalian populasi kepik polong bisa dilakukan dengan cara menyemprotkan insektisida, menerapkan rotasi tanaman, dan melakukan penanaman serempak.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com