Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Varietas Kacang Hijau Unggul yang Berumur Genjah

Kompas.com - 05/02/2023, 11:10 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kacang hijau merupakan salah satu komoditas kacang-kacangan yang banyak ditanam di Indonesia. Kacang hijau cukup banyak diminati dan banyak diolah menjadi beragam jenis makanan maupun minuman.

Kacang hijau biasanya dibudidayakan di lahan kering maupun sawah setelah padi. Salah satu kunci keberhasilan dalam budidaya kacang hijau yaitu penggunaan varietas unggul.

Hingga saat ini, Badan Litbang Kementerian Pertanian sudah mengeluarkan beberapa varietas kacang hijau yang unggul. Akan tetapi, pengembangan varietas kacang hijau masih terus dikembangkan.

Baca juga: Simak, Cara Tanam Kacang Hijau yang Benar

Di tahun 2018 lalu, ada varietas kacang hijau baru yang dilepas yakni vitam 4 dan vima 5. Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Minggu (5/2/2/2023), berikut penjelasan selengkapnya.

Kacang hijau vima 4

Kacang hijauPexels/Vie Studio Kacang hijau

Varietas kacang hijau vima 4 memiliki potensi hasil panen sekitar 2,32 ton/ha dengan rata-rata hasil panennya 1,91 ton/ha biji kering. Varietas ini juga termasuk jenis kacang hijau berumur genjah dengan umur panen 56 hari setelah tanam.

Sifat unggul lainnya dari varietas ini yaitu polong kacang tidak mudah pecah, warnanya hijau saat masih muda dan menjadi hitam saat tua. Warna bijinya juga mengkilap dengan ukuran cukup besar sekitar 6,62 g/100 butir.

Kacang hijau vima 4 cukup tahan terhadap penyakit embun tepung, bercak daun, dan trips. Varietas ini bisa beradaptasi dengan baik di daerah atau lingkungan yang optimal.

Baca juga: Cara Budidaya Kacang Hijau di Sawah

Kacang hijau vima 5

Selain vima 4, ada juga varietas lain yang tak kalah unggul. Varietas tersebut yaitu kacang hijau vima 5.

Jenis kacang hijau ini memiliki potensi hasil 2,34 ton/ha dengan rata-rata hasil 1,84 ton/ha biji kering. Sama seperti vima 4, kacang hijau vima 5 juga memiliki umur genjah 56 hari setelah tanam.

Jenis kacang hijau ini bisa masak serempak dengan polong tidak mudah pecah. Warna polongnya hijau saat muda dan coklat ketika tua. Warna biji kacang hijau ini kusam dengan ukuran 6,57 g/100 butir.

Kacang hijau ini agak tahan terhadap penyakit embun tepung, bercak daun, dan trips. Selain itu, daya adaptasi kacang hijau ini juga cukup baik pada wilayah sub optimal.

Baca juga: Mudah, Ini Cara Menanam Kacang Hijau dengan Kapas di Rumah

Keunggulan lainnya yaitu kacang hijau vima 5 bisa diolah menjadi kecambah dengan potensi hasil cukup baik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com