Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menyimpan Kacang-kacangan dengan Benar

Kompas.com - 29/07/2023, 20:09 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kacang-kacangan merupakan salah satu jenis tanaman pangan yang banyak dikonsumsi. Beberapa jenis kacang dapat menjadi sumber protein yang baik untuk kesehatan tubuh.

Tak hanya itu, kandungan asam amino dan lemak dalam kacang-kacangan juga bisa menjadi sumber nutrisi untuk tubuh. Beberapa jenis kacang-kacangan yang populer dan mudah dijumpai, antara lain; kacang hijau, kacang kedelai, kacang merah, dan kacang almond.

Kacang-kacangan tersebut harus disimpan dengan benar agar kualitasnya terjaga. Kondisi ruang penyimpanan juga sangat mempengaruhi aktivitas mikroorganisme. Cara menyimpan kacang-kacangan yang tidak benar bisa membuat terjadinya kontaminasi mikroba.

Baca juga: Cara Menanam Kacang Tanah Tanpa Olah Tanah, Bisa Hemat Biaya Produksi

Cara menyimpan kacang-kacangan

Melansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Sabtu (29/7/2023), setiap jenis kacang memiliki cara penyimpanan yang berbeda. Pasalnya, kandungan lemak setiap kacang berbeda.

ilustrasi kacang hijau
Pixabay/PDPics ilustrasi kacang hijau

Kacang-kacangan yang mudah tengik bisa bertahan sampai satu tahun apabila disimpan dalam kemasan kering dan kedap udara. Sementara itu, kacang yang sudah dikuliti dapat bertahan hingga 4 bulan, apabila disimpan dalam kemasan deap udara dan dimasukkan dalam lemari es atau freezer.

Secara konvensional, biji atau benih kacang yang sudah kering bisa dimasukkan ke dalam kantong, karung goni, atau langsung disimpan dalam gedung bersuhu lebih dari 25 derajat Celcius. Tempat penyimpanan harus kedap udara.

Setelah benih agak dingin, masukkan ke dalam kantong plastik dan alumunium foil. Lalu, pres kemasan dengan alat pengepres, sehingga kedap udara. Kemasan tersebut disimpan dalam tempat penyimpanan bersuhu kurang dari 20 derajat Celcius.

Baca juga: Tahapan Budidaya Kacang Merah dan Cara Merawatnya dengan Benar

Tips menyimpan kacang-kacangan

Saat penyimpanan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar mutunya terjaga. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

  1. Pilih kacang yang kualitasnya masih bagus. Hindari kacang yang sudah rusak, berkutu, dan terdapat lubang.
  2. Jemur kacang sampai kering sebelum dijemur. Kacang yang kering lebih tahan lama dibandingkan kacang basah atau terkena air.
  3. Simpan kacang-kacangan di jar atau botol yang tutupnya rapat.
  4. Saat menyimpan kacang-kacangan, usahakan untuk menyimpan satu jenis kacang dalam satu wadah. Hindari menyimpan berbagai jenis kacang dalam satu tempat yang sama.
  5. Biji kacang bisa disimpan dalam lemari es. Sebelum disimpan di kulkas, bungkus biji kacang dalam wadah tertutup.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com