Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/08/2023, 15:12 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemangi termasuk salah satu tanaman populer di Indonesia. Daun tanaman ini seringkali ditambahkan dalam masakan sebagai penyedap.

Aroma yang khas membuat rasa makanan menjadi lebih nikmat. Tak hanya rasanya yang enak, tanaman kemangi juga mudah dibudidayakan.

Bahkan, banyak yang menanam kemangi di halaman rumah. Perbanyakan tanaman kemangi bisa dilakukan menggunakan benih.

Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Selasa (1/8/2023), berikut ini cara menanam benih kemangi dengan mudah.

Baca juga: Simak, Ini Cara Menanam Kemangi dari Biji

Pemilihan benih kemangi

Benih kemangi bisa didapatkan dari bunga kemangi yang sudah cukup tua. Biji yang nantinya ditanam harus sudah matang dari pohon yang kemudian akan runtuh tersapu angin.

Ilustrasi menanam tanaman kemangi, Ilustrasi tanaman kemangi.Shutterstock/aprilante Ilustrasi menanam tanaman kemangi, Ilustrasi tanaman kemangi.

Biji kemangi matang ditandai dengan warnanya berubah menjadi coklat dan kering. Setelah mendapatkan biji sesuai kriteria, keringkan biji tersebut di bawah sinar matahari langsung sebelum ditanam.

Cara menanam benih kemangi

Benih kemangi yang sudah dikeringkan kemudian dipindahkan ke suhu ruang dan biarkan benih mendapatkan udara. Lalu, tanam benih dengan cara menaburkan di lahan yang sudah diolah.

Tutup tipis benih dengan tanah. Lakukan penyiraman secara merata hingga semua benih basah. Penyiraman dilakukan secara hati-hati agar benih tidak hanyut terbawa air.

Baca juga: Mudah, Ini Cara Menanam Daun Kemangi di Halaman Rumah

Lakukan penyiraman setiap pagi dan sore hari. Benih akan mulai berkecambah di hari ke-3 sampai ke-4 setelah sebar.

Setelah memasuki umur 4 dan 5 minggu, akar bibit kemangi mulai kuat. Lakukan perawatan dengan rutin hingga tanaman kemangi tumbuh subur dan bisa dipanen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com