Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Fungsi Sulfur Bagi Tanaman Budidaya

Kompas.com - 17/01/2023, 16:09 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sulfur merupakan salah satu unsur hara mikro yang memiliki peran penting bagi pertumbuhan tanaman. Meskipun dibutuhkan tanaman dalam jumlah sedikit, ketersediaan unsur hara ini tetap diperlukan oleh tanaman.

Unsur hara sulfur sebagian besar ditemukan dalam tanah dan bahan organik. Sulfur aktif nantinya akan diserap akar tanaman dan masuk ke sel tanaman.

Lalu, apa saja fungsi sulfur bagi tanaman? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Baca juga: Mengenal Pupuk Kalsium, Bikin Tanaman Tahan Serangan Penyakit

Peran sulfur bagi tanaman

Sama halnya dengan unsur hara lainnya, sulfur juga dapat menunjang pertumbuhan tanaman. Berdasarkan penjelasan di situs Pusat Perpustakaan dan penyebaran Teknologi Pertanian, sulfur berperan untuk membentuk struktur dan fungsi enzim serta protein dalam daun maupun biji.

Ilustrasi pupuk, pemberian pupuk untuk tanaman. SHUTTERSTOCK/ALCHEMIST FROM INDIA Ilustrasi pupuk, pemberian pupuk untuk tanaman.

Saat sulfur tersedia, maka akan menjamin ketersediaan sistein yang mempunyai peran untuk pembentukan protein dalam biji.

Sementara itu, dalam sumber lain disebutkan bahwa sulfur menjadi bagian dari hasil metabolisme senyawa kompleks. Fungsi sulfur bagi tanaman lainnya yaitu menjadi aktivator, kofaktor, atau regulator enzim dan berguna dalam proses fisiologi tanaman.

Baca juga: Simak, Manfaat Pupuk Urea untuk Tanaman

Sulfur juga berhubungan dengan pembentukan klorofil dan menunjang proses fotosintesis serta berperan dalam reaksi metabolisme seperti karbohidrat, lemak, dan protein. Sulfur juga berperan untuk merangsang pembentukan akar dan buah, serta membuat tanaman terhindar dari patogen penyebab penyakit.

Penjelasan lain tentang fungsi sulfur bagi tanaman juga diterangkan dalam Cybext Kementerian Pertanian. Menurut penjelasan di situs tersebut, fungsi sulfur pada tanaman bawang bisa meningkatkan kuantitas bawang merah dan membuat ukuran umbi maksimal serta jumlah umbi yang dihasilkan banyak.

Selain itu, sulfur juga mempengaruhi rasa dan tingkat kepedasan umbi bawang merah. Dengan demikian, unsur hara sulfur sangat berperan penting bagi pertumbuhan, produktivitas, dan kualitas hasil panen tanaman.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com