Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Garam untuk Pupuk dan Cara Menggunakannya

Kompas.com - 23/12/2022, 17:19 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam budidaya tanaman, tentu yang diidamkan adalah tanaman tumbuh subur dan kuat. Ada banyak pilihan pupuk tanaman yang dapat digunakan, salah satunya adalah pupuk organik alias pupuk alami.

Dikutip dari Home Guides SF Gate, Jumat (23/12/2022), salah satu bahan yang dapat digunakan untuk pupuk tanaman adalah garam. Namun, perlu diperhatikan bahwa jenis garam untuk pupuk adalah garam laut.

Democrat & Chronicle menjelaskan studi dari Italia dan Israel yang menganalisis bagaimana rasa tomat saat dipupuk dengan dan tanpa larutan garam. Tanaman tomat yang dipupuk dengan larutan garam menghasilkan buah yang rasanya lebih enak, dan ini bisa jadi karena peningkatan gula dan asam yang dihasilkan oleh garam.

Baca juga: Cara Membuat Pupuk Tanaman Pakai Garam Dapur

Ilustrasi garam laut bertekstur kasar. PIXABAY/RUPERT KITTINGER-SEREINIG Ilustrasi garam laut bertekstur kasar.

Peneliti juga menambahkan air laut untuk disiramkan ke daun tanaman. Meskipun beberapa daun sedikit terbakar, tanamannya baik-baik saja.

Anda dapat membeli pupuk yang cukup banyak mengandung garam laut biasa. Namun, jika ingin menggunakannya, Anda harus berhati-hati, karena terlalu banyak natrium dapat merusak tanaman dan membakar daun tanaman.

Garam laut dapat digunakan sebagai pupuk untuk tanaman tomat, melon, dan tanaman buah lainnya untuk menambah rasa manis. Beberapa orang juga menggunakan garam laut untuk membantu tanaman bunga mawar tumbuh subur.

Kandungan garam laut

Menurut Healthline, garam laut sebagian besar mengandung natrium klorida, tetapi juga mengandung zat besi, seng, dan kalium. Garam laut yang lebih gelap memiliki lebih banyak nutrisi dan kotoran.

Baca juga: Panduan Seleksi Benih Padi Pakai Garam dan Telur

Anda sebaiknya tidak menggunakan garam laut gelap di kebun.

Cara menggunakan garam laut untuk pupuk tanaman

Jika digunakan dengan benar, garam laut dapat membantu tanaman menjadi lebih sehat. Garam laut juga bersifat organik dan murah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com