Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Budidaya Padi Hitam di Lahan Kering agar Hasilnya Menguntungkan

Kompas.com - 21/01/2023, 14:05 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejauh ini, mungkin kita mengira bahwa tanaman padi hanya akan tumbuh pada lahan sawah yang berair. Padahal, tanaman padi juga bisa dibudidayakan di lahan kering.

Perkembangan ilmu pertanian telah menghasilkan beragam varietas padi yang bisa ditanam di lahan kering dan produktivitasnya tetap bisa bersaing dengan padi sawah. Salah satu jenis padi yang bisa ditanam di lahan kering yaitu padi hitam.

Sesuai dengan namanya, padi hitam memiliki bulir berwarna hitam. Padi hitam menjadi salah satu varietas unggul karena memiliki kandungan senyawa fenolik dan mineral yang tinggi.

Baca juga: 7 Langkah Budidaya Padi Hitam, Bisa Untung Besar

Beras hitam yang dihasilkan juga memiliki harga jualnya pun tergolong lebih tinggi dibandingkan beras putih. Maka dari itu, padi hitam bisa menjadi komoditas unggulan dan menghasilkan panen yang menguntungkan apabila dibudidayakan dengan cara yang tepat.

Melansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Sabtu (21/1/2023), berikut langkah budidaya padi hitam di lahan kering yang benar.

Beras hitam merupakan hasil panen tanaman padi hitamPixabay/cerpis Beras hitam merupakan hasil panen tanaman padi hitam

Persiapan lahan

Lahan yang akan ditanami benih padi hitam, digemburkan terlebih dahulu. Setelah itu, buat lubang tanam dengan jarak 20 x 20 cm atau 20 x 25 cm menggunakan tugal.

Pemilihan benih

Benih yang unggul akan berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman dan hasil panen. Pemilihan benih yang baik dan benar memiliki beberapa syarat seperti benih bersih, tidak berjamur, bentuknya seragam, memiliki sertifikat keaslian, dan daya kecambah benih lebih dari 80 persen

Baca juga: Cara Budidaya Tanaman Padi Hitam

Menanam benih

Langkah budidaya padi hitam di lahan kering selanjutnya yaitu penanaman. Benih padi hitam bisa langsung ditanam tanpa perlu disemai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com