Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman yang Cepat Berbuah, Apa Saja?

Kompas.com - 29/01/2023, 10:20 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain sayuran, tanaman buah juga termasuk komoditas pertanian yang prospektif. Umumnya, tanaman buah membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa berbuah dan panen.

Akan tetapi, ternyata ada beberapa jenis tanaman yang cepat berbuah. Melansir dari Litbang Pertanian, Minggu (29/1/2023), berikut ini beberapa tanaman buah yang cepat panen.

1. Buah persik

Buah persik termasuk tanaman yang banyak tumbuh di wilayah beriklim dingin pada ketinggian sekitar 1463 meter di atas permukaan laut. Meskipun bukan buah asli Indonesia, buah persik memiliki potensi besar untuk tumbuh di Indonesia. 

Baca juga: 7 Tanaman Sayuran yang Cepat Panen, Apa Saja?

Buah persik biasanya akan mulai berbuah saat berumur 4 hingga 5 tahun setelah ditanam. Sementara itu, pemanenan buah persik bisa dilakukan 3 hingga 5 bulan setelah bunga diserbuki.

2. Buah pir

Ilustrasi tanaman pir, buah pirPixabay/analogicus Ilustrasi tanaman pir, buah pir

Selain buah persik, jenis tanaman buah lain yang bisa dipanen dalam waktu relatif singkat yaitu buah pir. Buah ini bisa dipanen pada 3 hingga 5 bulan setelah bunga diserbuki.

Sementara itu, tanaman buah ini memiliki siklus hidup yang cukup panjang hingga 75 tahun atau lebih.

3. Belimbing manis

Belimbing termasuk buah yang mudah dijumpai. Buah ini memiliki rasa yang manis dan segar. Pohon belimbing biasanya akan berbuah setelah 10 sampai 14 bulan setelah ditanam. Selain itu, tanaman buah ini juga bisa dipanen 2 hingga 3 kali dalam setahun.

Baca juga: Simak, Ini Cara Menanam Pohon Belimbing Bangkok

4. Mangga

Buah mangga ternyata masuk dalam daftar tanaman yang cepat berbuah. Panen buah mangga umumnya dilakukan pada 3 hingga 5 bulan setelah penyerbukan. Meskipun demikian, waktu panen mangga bisa berbeda-beda tergantung pada varietas dan kondisi lingkungan.

5. Belimbing wuluh

Belimbing wuluh atau biasa dikenal sebagai belimbing sayur juga termasuk tanaman yang bisa dipanen dalam waktu singkat. Panen belimbing wuluh bisa dilakukan 50 hingga 60 hari setelah berbunga. Pohon ini biasanya akan berbuah 2 kali dalam satu tahun.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com