Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Jeruk Keprok dan Jeruk Siam, Apa Saja?

Kompas.com - 29/01/2023, 13:51 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jeruk adalah buah yang memiliki banyak jenis. Dari sekian banyak jenis jeruk yang dijual di pasaran, jeruk keprok dan siam menjadi jeruk yang banyak disukai.

Sekilas kedua jeruk ini terlihat sama. Padahal, keduanya memiliki karakter yang berbeda. Dikutip dari Litbang Pertanian, Minggu (29/1/2023), berikut beberapa perbedaan jeruk keprok dan jeruk siam yang perlu diketahui.

Bentuk dan berat buah

Perbedaan pertama antara jeruk keprok dan siam bisa dilihat dari bentuk dan beratnya. Bentuk jeruk keprok bulat dan ada yang gepeng, seperti konde. Jeruk keprok memiliki berat sekitar 125 hingga 274 gram.

Baca juga: Cara Menanam Jeruk Siam agar Berbuah Banyak dan Rasanya Manis

Sedangkan buah jeruk siam memiliki bentuk bulat dengan ujung buahnya bundar. Ukuran jeruk siam lebih kecil dibandingkan jeruk keprok dengan berat hanya 99,8 hingga 112,2 gram.

Ilustrasi buah jeruk keprok.PIXABAY/HANS Ilustrasi buah jeruk keprok.

Rasa buah

Rasa jeruk keprok dan siam sama-sama enak. Jeruk keprok memiliki rasa manis sedikit asam dan menyegarkan. Sedangkan jeruk siam memiliki rasa manis.

Warna dan ketebalan kulit buah

Perbedaan jeruk keprok dan jeruk siam juga bisa diketahui dari warna dan ketebalan kulit buah. Warna kulit buah jeruk keprok orange dengan tekstur agak kasar.

Baca juga: Cara Budidaya Jeruk Keprok, Varietas Lokal Unggulan Indonesia

Lapisan kulit luar jeruk keprok kaku dengan ketebalan antara 3,12 hingga 4,63 mm. Sedangkan kulit jeruk siam memiliki warna hijau kekuningan dan mengkilat.

Ketebalan kulit jeruk siam sekitar 1,8 hingga 2,5 mm, lebih tipis dibandingkan jeruk keprok. Tekstur kulit jeruk buah siam juga lebih halus dengan pori-pori rapat dan ukuran pori-porinya kecil sekitar 0,8 mm.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com