Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Varietas Jeruk Manis di Indonesia, Apa Saja?

Kompas.com - 06/12/2022, 17:32 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jeruk manis merupakan buah yang banyak disukai. Buah jeruk ini bisa dikonsumsi secara langsung atau diperas untuk dijadikan sebagai minuman.

Peminat jeruk manis yang cukup tinggi menjadikan buah ini sebagai komoditas pertanian yang prospektif. Dikutip dari situs Balitjestro Kementerian Pertanian, Selasa (6/12/2022), berikut beberapa varietas jeruk manis di Indonesia yang sudah dilepas Menteri Pertanian.

Baca juga: Simak, Cara Agar Buah Jeruk Rasanya Manis

Jeruk manis Kisar

Jeruk manis ini memiliki beberapa keunggulan seperti rasanya yang manis ukuran buah sedang, dan kulitnya berwarna oranye. Selain itu, jenis jeruk ini juga mengandung banyak air, beraroma lembut, dan bisa disimpan dalam waktu lama.

Ilsutrasi buah jerukShutterstock/sirtravelalot Ilsutrasi buah jeruk

Jeruk ini tahan terhadap kekeringan, sehingga cocok dibudidayakan pada lahan kering dan gersang. Jeruk manis Kisar menjadi varietas unggul nasional berdasarkan SK Menteri Pertanian No.864/Kpts/TP.240/11/1998, tanggal 04 November 1998.

Jeruk manis Pacitan

Jeruk manis Pacitan atau jeruk baby merupakan varietas jeruk manis di Indonesia. Disebut sebagai jeruk baby karena cocok dikonsumsi bayi.

Baca juga: Mengenal Jeruk Baby Pacitan, Rasanya Manis dan Cocok untuk Anak-anak

Jeruk ini cocok ditanam di dataran rendah maupun tinggi. Dengan demikian, budidaya jeruk ini sangat potensial.

Jeruk ortaji

Pada tahun 2019 lalu, Mentan juga melepaskan varietas jeruk manis yang bernama jeruk ortaji. Buah jeruk ini mempunyai ukuran cukup besar sekitar 321 hingga 508 g/buah.

Warna kulit buah ini kuning oranye dengan rasa manis sedikit asam. Buah jeruk ini semakin disukai karena bijinya sedikit

Tanaman jeruk ortaji cocok dibudidayakan di dataran rendah hingga tinggi dan bisa berbunga sepanjang tahun.

Baca juga: Simak, Cara Agar Buah Jeruk Rasanya Manis

Itulah tiga varietas jeruk manis di Indonesia yang memiliki berbagai keunggulan. Selain ketiga varietas tersebut, masih ada lagi varietas jeruk unggul lain yang ditanam di Indonesia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com