Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Merawat Tanaman Bawang Putih agar Produktivitasnya Maksimal

Kompas.com - 12/03/2023, 14:42 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bawang putih merupakan tanaman hortikultura yang banyak tumbuh di Indonesia. Meskipun demikian, untuk mendapatkan tanaman bawang putih yang produktivitasnya tinggi, perlu dilakukan perawatan dengan maksimal.

Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Minggu (12/3/2023), berikut tips merawat tanaman bawang putih agar produktivitasnya maksimal.

1. Penyiangan

Penyiangan adalah kegiatan membersihkan gulma atau tanaman liar yang tumbuh di sekitar tanaman bawang putih. Penyiangan dapat dilakukan secara manual, menggunakan tangan dengan dicabut satu per satu maupun menggunakan herbisida.

Baca juga: 5 Cara Marawat Tanaman Bawang Putih di Lahan

2. Penyiraman secara rutin

Pertumbuhan dan perkembangan umbi bawang putih sangat dipengaruhi oleh ketersediaan air. Tanaman bawang putih memerlukan kebutuhan air yang cukup banyak, terutama pada musim kemarau.

Ilustrasi bawang putih.UNSPLASH/ARTEM BELIAIKIN Ilustrasi bawang putih.

Penyiraman dapat dilakukan dengan cara penggenangan air pada parit maupun disiram langsung ke tanaman menggunakan alat penyiram seperti gembor. Lakukan penyiraman secara rutin setiap 1 hingga 2 hari sekali.

3. Pemupukan

Pemupukan pada bawang putih dilakukan sebanyak empat kali. Pemupukan pertama menggunakan pupuk organik sebagai pupuk dasar.

Pemupukan yang kedua sampai keempat merupakan pupuk susulan dengan jenis pupuk yang diberikan yaitu phonska, urea, ZA dan mutiara.

Baca juga: Tips Menanam Bawang Putih agar Keuntungannya Besar

4. Pencegahan dan pengendalian hama penyakit

Cara merawat tanaman bawang putih di lahan lainnya yaitu pengendalian hama dan penyakit tanaman. Hama dan penyakit utama pada bawang putih seperti ulat tanah, ulat grayak, penggorok daun, layu fusarium, thrips bercak ungu, dan embun tepung.

Langkah awal yang dapat dilakukan yaitu melakukan pencegahan. Kegiatan pencegahan yang dapat dilakukan seperti memasang perangkap, pengolahan lahan yang maksimal dan penggunaan bibit bawang putih yang tahan penyakit.

Namun apabila serangan hama penyakit semakin meluas, gunakanlah pestisida kimia dengan dosis dan jenis yang dianjurkan.

Itulah beberapa tips merawat tanaman bawang putih agar produktivitasnya maksimal dan panennya menguntungkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com