Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memilih Timun Suri yang Matang, Cocok untuk Menu Buka Puasa

Kompas.com - 27/03/2023, 16:07 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Timun suri merupakan salah satu buah khas Ramadhan. Buah ini memiliki kulit berwarna kuning kehijauan dengan daging buah berwarna putih kekuningan.

Timun suri memiliki rasa yang manis dan segar sehingga sering dikonsumsi sebagai takjil buka puasa. Selain itu, timun suri juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh seperti vitamin A, vitamin C, serat, dan kalium, sehingga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Namun, untuk bisa menikmati kelezatan buah ini, Anda harus cermat dalam memilih buah timun suri yang sudah matang. Adapun beberapa cara memilih timun suri yang matang, seperti berikut.

Baca juga: Cara Budidaya Timun Suri, Buah yang Banyak Dijumpai saat Ramadhan

Perhatikan aroma yang dikeluarkan

Timun suri yang sudah matang memiliki aroma yang sedikit harum. Hindari memilih timun suri yang belum mengeluarkan aroma ataupun memiliki aroma yang menyengat.

Ilustrasi timun suri. SHUTTERSTOCK/DUDI ISKANDAR Ilustrasi timun suri.

Amati warna kulitnya

Warna kulit buah timun suri dapat menjadi indikator yang kuat, terhadap tingkat kematangan buah. Buah timun suri yang sudah matang, memiliki warna putih kekuningan.

Pilihlah timun suri yang memiliki warna kulit yang putih kekuningan merata pada seluruh kulitnya.

Perhatikan ukuran buahnya

Tips memilih timun suri yang sudah matang berikutnya yaitu dengan memperhatikan ukuran buahnya. Pilihlah timun suri yang memiliki ukuran yang pas, tidak terlalu besar maupun terlalu kecil.

Baca juga: Simak, Cara Menanam Timun Suri agar Berbuah Banyak

 

Pemilihan timun suri yang terlalu besar, dikhawatirkan tidak dapat langsung dikonsumsi semuanya, sehingga akan mengurangi rasa buahnya.

Cermati tekstur buahnya

Cara memilih timun suri yang matang selanjutnya dengan memperhatikan tekstur buahnya. Timun suri yang sudah matang memiliki tekstur yang cukup lunak jika ditekan pada bagian kulitnya. Sebaliknya, saat ditekan terlalu keras berarti timun suri belum matang.

Amati retakan pada kulit buah

Retakan pada kulit buah timun suri, menjadi tanda bahwa timun suri sudah sangat matang. Namun kebanyakan pembeli enggan memilih buah yang kulitnya rusak.

Padahal, buah timun suri yang memiliki retakan pada kulit dan mengeluarkan aroma harum merupakan timun suri yang sudah matang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com