Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Cara Menanam Buah Bisbul yang Mulai Langka

Kompas.com - 09/05/2023, 15:23 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Buah bisbul atau yang sering disebut sebagai buah mentega merupakan salah satu jenis buah yang mulai jarang dijumpai. Buah ini sebenarnya masih berkerabat dekat dengan buah kesemek.

Pohon buah bisbul tumbuh tidak terlalu tinggi hanya sekitar 50 cm saja. Tajuknya menyerupai kerucut dengan cabang mendatar dan bertingkat.

Sementara itu, daunnya lebat dan rapat. Buah bisbul berbentuk bulat atau bulat gepeng. Kulitnya halus dan warnanya coklat kemerahan, merah terang, dan agak kusam saat masak.

Daging buahnya berwarna putih agak keras dan padat, agak kering, serta rasanya agak sepat. Aromanya harum seperti aroma keju dan durian.

Baca juga: Cara Pembibitan Markisa dari Biji, Mudah dan Cepat Tumbuh

Dalam satu buah biasanya terdapat 10 butir biji yang warnanya kecoklatan. Buah bisbul termasuk tanaman langka, namun kita masih tetap bisa menanamnya di dataran rendah hingga ketinggian 800 meter di atas permukaan laut.

Mengutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Selasa (9/5/2023), berikut ini cara menanam buah bisbul.

Ilustrasi buah bisbul atau buah mentegaShutterstock/Agus Mujianto Ilustrasi buah bisbul atau buah mentega

Pembibitan dan penanaman

Benih atau biji buah bisbul biasanya memerlukan waktu 24 hari untuk berkecambah.

Meskipun demikian, buah ini juga bisa diperbanyak secara vegetatif dengan cangkokan, sambungan mata, atau sambung pucuk.

Pada sambung celah digunakan batang bawah bibit bisbul yang umurnya sudah 1 tahun.

Sementara itu, batang atasnya didapatkan dari cabang dewasa yang telah tumbuh di musim terakhir dengan bagian kuncup bertumbuh baik.

Baca juga: Cara Menanam Srikaya yang Benar agar Berbuah Banyak

Kemudian batang atas dipotong sepanjang 10 sampai 12 cm. Bibit dari sambungan dapat ditanam di lahan di awal musim hujan dengan jarak tanam 8 sampai 10 meter.

Sementara itu, bibit yang berasal dari biji ditanam dengan jarak 10 sampai 15 meter.

Perawatan

Tanaman yang sudah tumbuh perlu dirawat dengan baik. tunas liar dan cabang yang bertumpang tindih perlu dipangkas. Cabang yang menyentuh tanah juga perlu dipangkas.

Panen dan pasca panen

Buah bisbul sudah mulai matang jika warnanya sudah berubah dari coklat kehijauan menjadi merah kusam. Setelah dipanen buah perlu di lap untuk menghilangkan bulu-bulunya. Dalam 3 sampai 4 hari, buah mulai melunak dan aromanya menjadi lebih harum.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com