Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudah, Ini Cara Menanam Pepaya agar Cepat Berbuah

Kompas.com - 20/08/2022, 09:41 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pepaya menjadi salah satu buah populer dan banyak disukai masyarakat Indonesia. Sebagai tanaman semusim, cara menanam pepaya agar cepat berbuah ternyata tidak sulit.

Budi daya buah pepaya dapat dilakukan di dataran rendah hingg tinggi. Namun, ketinggian optimal untuk menanam tanaman buah ini pada 50-700 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Selain ketinggian, tanaman ini juga memerlukan curah hujan yang optimal. Curah hujan yang sesuai untuk pertumbuhan pepaya yaitu 1000-2000 mm per tahun.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Menanam Pepaya di Dalam Pot

Di daerah dengan musim kering, tanaman pepaya bisa berubah namun perlu penyiraman yang teratur. Meskipun demikian, drainase tanah harus baik untuk menghindari busuk akar akibat genangan.

Pepaya juga menghendaki tanah yang gembur dengan porositas yang baik dan pH sekitar 6-7. Setelah syarat tumbuh terpenuhi, budi daya tanaman ini bisa segera dilakukan.

Melansir dari Cybex Kementerian Pertanian Indonesia, Sabtu (20/8/2022), berikut tata cara menanam pepaya agar cepat berbuah.

Ilustrasi menanam pepaya, pohon pepaya, tanaman pepaya yang masih muda.SHUTTERSTOCK/NATEE PHOTO Ilustrasi menanam pepaya, pohon pepaya, tanaman pepaya yang masih muda.

1. Memilih benih berkualitas

Langkah awal dalam budi daya pepaya yaitu memilih benih berkualitas. Benih bisa diambil dari pohon yang sempurna dan tidak terserang hama maupun penyakit.

Baca juga: Perhatikan, Cara Memilih Bibit Pepaya California yang Bagus

2. Penyemaian benih

Setelah mendapatkan benih berkualitas, tahapan berikutnya yaitu menyemai benih tersebut. Benih yang disemai yaitu benih kering.

Penyemaian perlu dilakukan untuk mempersingkat waktu budidaya. Adapun langkah-langkah menyemai benih pepaya, seperti berikut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com